Budi Waseso: Pembinaan Pramuka terintegrasi dengan kementerian/lembaga

Budi Waseso: Pembinaan Pramuka terintegrasi dengan kementerian/lembaga

Presiden Joko Widodo (tengah) berswafoto dengan pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka seusai pelantikan di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (27/12/2018). Presiden melantik Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso serta pengurus Kwarnas Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc)

Jakarta (ANTARA News) - Pembinaan Gerakan Pramuka kedepan akan terintegrasi program pemerintah dengan terkait kepada kementerian atau lembaga terkait di bidang masing-masing.
   
"Saya menyusun satu kerangka organisasi di Pramuka atau kepengurusan di Kwarnas yang bidangnya adalah secara menyeluruh, bidang itu berkaitan dengan program pemerintah," kata Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso usai pelantikan di Kantor Presiden, Jakarta pada Kamis.
   
Menurut Budi, dalam susunan keorganisasian terdapat wakil ketua atau ketua komisi yang bertanggungjawab di bidang masing-masing.
   
Para ketua komisi di Kwarnas Pramuka akan berkoordinasi langsung dengan kementerian atau lembaga mengenai program pembangunan pemerintah yang hendak dijalankan.
   
Sejumlah bidang yang didalami antara lain perekonomian, wirausaha, pertanian, hingga bela negara.
   
"Kita akan membuat kader-kader yang akan ditraining di situ menjadi kepanjangan tangan program Pramuka untuk wilayah dan baik itu di daerah, di provinsi, kota, dan kabupaten, kecamatan, desa hingga ke RT dan RW," ujar Budi.
   
Budi juga mengharapkan anggota Pramuka menjadi perekat persatuan bangsa dan mempromosikan perdamaian di Indonesia.
   
Presiden Joko Widodo telah melantik pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Masa Bakti Tahun 2018-2023.
   
Pelantikan tersebut dilakukan di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta. 
 
Presiden Joko Widodo (kiri) menyematkan pin kepada Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Budi Waseso ketika pelantikan di Halaman Tengah Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (27/12/2018). Presiden melantik Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso serta pengurus Kwarnas Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.
Pewarta : Bayu Prasetyo
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018