Banda Aceh  (ANTARA News) - Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo bersama istri Iriana Joko Widodo berdialog interaktif dengan sejumlah pengusaha industri kreatif di Kota Banda Aceh mengenai perkembangan usaha.

"Banyak sekali industri kreatif di sini yang dulunya, misalnya seperti kopi, biasanya dijual atau dieskpor dalam bentuk mentahan tetapi oleh anak-anak muda kita, packaging-nya sudah baik, ada dibangun juga brand lokal dengan nama yang baik," kata Jokowi saat dialog di kedai Ring Road Coffee pada Jumat sore.

Menurut Jokowi, saat ini produk industri kreatif di Aceh semakin bervariasi termasuk minyak parfum dan kain.

 Pada saat berkunjung ke Ring Road Coffee, terdapat beberapa produk kreatif yang dipamerkan antara lain kopi Bawadi, parfum Minyeuk Pret, dan kain sarung dengan lukisan tangan.

Jokowi menjelaskan kreativitas seperti itu bisa menjadi ruang bagi generasi muda dalam mengembangkan bisnis.

 Mantan walikota Solo itu juga mengingatkan potensi industri busana muslim di Indonesia memiliki kesempatan besar untuk dikembangkan mengingat pasar yang besar.

Jokowi juga mengingatkan generasi muda untuk berani mengambil peluang usaha yang ada.

 "Anak-anak muda semuanya kalau dapat kesempatan gunakanlah. Jangan takut dengan yang namanya resiko mengambil sebuah kesempatan," ujar mantan gubernur DKI Jakarta itu.

 Dia menegaskan hal yang penting untuk meraih peluang usaha adalah perhitungan dan kalkulasi yang matang dalam strategi bisnis.

 Sementara itu, Ibu Negara Iriana Jokowi menyampaikan pesan agar generasi muda jangan pernah menyerah dalam berusaha.

 Sejumlah pengusaha muda hadir pada acara itu.
 
.


Tim perakit pesawat nirawak atau (Unmanned Aerial Vehicle/ UAV) Cempala Kuneng X 2.0 dari Universitas Syiah Kuala juga memamerkan hasil buatan mereka.

 Sebuah UAV ringan berwarna kuning karya mereka mencuri perhatian Jokowi. Pesawat itu dapat terbang selama 10 menit dengan baterai berkapasitas 2.600 mAh terisi penuh.

Presiden berharap karya tersebut dapat terus dikembangkan semakin baik oleh tim.

Jokowi dan Ma'ruf Amin adalah pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 01 dalam Pemilihan Presiden 2019. Rival politiknya pada pilpres kali ini adalah Capres-Cawapres Nomor Urut 02 yakni Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. 

Baca juga: Presiden resmikan pembangunan Tol Banda Aceh-Sigli
Baca juga: Presiden bertemu ulama Aceh bahas RUU Pesantren

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018