Kemenag sediakan master Al Quran gratis

Kemenag sediakan master Al Quran gratis

Sejumlah anak pemulung belajar membaca Alquran saat mengikuti Baca Tulis Quran (BTQ) di lokasi Tempat Pembuangan Akhir Desa Cot Girek Kandang, Lhokseumawe, Aceh, Rabu (25/7/2018). Dayah terpadu Al-Mukhlishin menerjunkan tenaga pengajar untuk membuka Taman Membaca Alquran guna membantu pendidikan puluhan anak anak pemulung. ANTARA FOTO/Rahmad/Spt.

Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Agama menyediakan master Al Quran yang bisa diakses publik secara gratis sehingga mereka dapat mencetak kitab suci umat Islam yang terjamin keasliannya.
   
"Kami siapkan master Mushaf Al Quran untuk publik secara cuma-cuma alias gratis. Masyarakat yang ingin mendapatkannya, bisa langsung mendatangi Kantor LPMQ di Bayt Al Quran TMII," kata Kepala Bidang Pentashihan Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran (LPMQ) Deni Hudaeny Ahmad Arifin di Jakarta, Rabu.
   
Master mushaf Al Quran itu adalah cetak biru berbentuk file naskah Al Quran yang sudah siap cetak atau sudah ditashih.
   
Dia mengatakan LPMQ Balitbang Diklat Kemenag menyediakan master mushaf Al Quran yang siap cetak. Master disiapkan bagi masyarakat yang ingin menerbitkan atau mencetak Mushaf Al Quran.
   
"Ini menjadi bagian upaya LPMQ untuk meminimalisir kekeliruan dan menjamin kesahihan penerbitan mushaf. Master mushaf ini sudah diverifikasi oleh Tim Pentashih LPMQ," kata dia.
   
Menurut Deni, LPMQ terus meningkatkan kualitas layanan pentashihan dan pengawasan terhadap peredaran mushaf Al Quran dari hulu hingga hilir.
   
Tanggung jawab tersebut, kata dia, cukup berat mengingat banyaknya penerbit yang mengajukan tashih dengan berbagai varian naskah mushaf.
   
Hal itu, lanjut dia, berbeda dengan negara Islam lainnya misalnya Arab Saudi sementara penerbitan mushaf A Quran di Indonesia lebih banyak variasi dan jumlah penerbitnya.
   
Oleh karena itu, Deni mengatakan LPMQ terus mengupayakan beberapa langkah konkret dalam rangka menjamin kesahihan mushaf yang beredar mulai dari peningkatan kualitas tenaga pentashih, proses layanan dengan sistem online hingga penyediaan secara gratis master siap cetak yang terjamin kesahihannya.
   
"Penyediaan master siap cetak menjadi salah satu langkah awal dari rangkaian proses pentashihan yang menjamin kesahihan penerbitan mushaf," kata dia.
   
Deni mengatakan LPMQ membuka diri dan mengajak para penerbit untuk juga mewakafkan master mushafnya kepada LPMQ. Dengan demikian, master mushaf bisa dimanfaatkan oleh pihak lain secara cuma-cuma. 

Baca juga: Presiden : MTQ tunjukkan Al Quran panduan Islam
Baca juga: Pengusaha Malaysia sumbang mushaf Al-Qur`an sulaman raksasa

 
Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2018