Hal-hal yang prinsip Bapak sangat tegas tapi di luar itu kita banyak berbagi

Bogor (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mengungkap kehidupan keseharian bersama keluarganya di mana ia mengaku tak segan bersikap tegas dan galak kepada anak-anaknya.

"Untuk hal-hal yang prinsip. Untuk hal-hal yang prinsip iya. Saya katakan iya (galak). Misalnya apa, waktu mereka masih sekolah semuanya. Enggak belajar. Itu prinsip," kata Presiden Jokowi dalam acara Bincang Santai Keluarga Presiden Joko Widodo dengan Media di Restoran Grand Garden Kompleks Kebun Raya Bogor, Sabtu.

Artis, penyanyi, dan dokter bedah Tompi yang memandu acara tersebut kemudian menanyakan seberapa galak Presiden kepada putra-putrinya.
"Potong uang jajan?" tanya Tompi.

"Ya coba tanya," ujar Presiden sambil menyuruh Gibran untuk menjawab.

Gibran pun menambahkan bahwa ayahnya sangat tegas dalam menegakkan aturan dan prinsip.

"Ya itu tadi hal-hal yang prinsip tadi Bapak sangat tegas tapi di luar itu kita banyak berbagi tadi. Saya kan juga dari lulus SMP enggak tinggal sama Bapak dan Ibu. Jadi ya kita lebih ditekankan untuk kemandirian. Mandiri, bebas, tapi tetap sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditentukan oleh Bapak," kata Gibran.

Sementara Ibu Negara Iriana saat ditanyakan tentang hal yang sama juga mengaku tak pernah memanjakan anak-anaknya.

Menurut dia, sudah sejak kecil anak-anak dididiknya agar bisa mandiri dan tidak manja.

Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengajak serta putra-putri, menantu, dan dua cucunya untuk bersantai bersama menghabiskan akhir pekan di Istana Bogor.

Tampak putra pertama Gibran Rakabuming Raka dan istri Selvi Ananda beserta anaknya Jan Ethes Sri Narendra. Selain itu putri keduanya Kahiyang Ayu dan suaminya Bobby Nasution serta putri mereka yang baru berusia 4 bulan Sedah Mirah.

Presiden memberikan kesempatan kepada wartawan yang biasa meliput di Istana Kepresidenan untuk bertanya apa saja tentang keluarganya.
 
Baca juga: Jokowi syukuri usaha anak-anaknya semakin berkembang
Baca juga: Iriana mengaku tak bisa masak tapi selalu siap dukung Jokowi

Baca juga: Presiden ajak keluarganya bersantai di Istana Bogor

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018