Saat ini tepat kita berada di penghujung 2018, kita menyelenggarakan apel untuk memperkuat sinergi dan konsolidasi yang terjalin selama ini
Jakarta (ANTARA News) - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memimpin apel kesiapan TNI membantu Polri dalam pengamanan Natal, Tahun Baru 2019 serta Pemilu 2019 di Silang Monas, Jakarta, Jumat.

Sebanyak 50 ribu personel dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara serta Polri mengikuti apel tersebut.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam sambutannya mengatakan personel yang hadir mewakili seluruh personel TNI-Polri yang ada di seluruh Indonesia yang kini sedang bertugas.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengatakan sesuai amanat undang-undang, TNI menegakkan kadaulatan negara, mempertahankan wilayah NKRI serta melindungi bangsa dan tumpah darah dari segala ancaman dan gangguan.

"Saat ini tepat kita berada di penghujung 2018, kita menyelenggarakan apel untuk memperkuat sinergi dan konsolidasi yang terjalin selama ini," kata Panglima TNI.

Ia pun mengapresiasi personel TNI-Polri yang bekerja sama melaksanakan tugas dengan baik, seperti saat operasi tugas penanggulangan bencana.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengapresiasi Panglima TNI yang telah menginisiasi kegiatan yang dimulai pada pukul 10.00 WIB tersebut.

"Momentum ini harus kita jaga, hubungan baik dan kerja sama TNI-Polri. Agenda Natal dan Tahun Baru 2019 kita siapkan bersama-sama," kata Kapolri.

Sejumlah alutsista pun dipamerkan dalam kegiatan tersebut, di antaranya Tank Leopard, Meriam Caesar, Busmaster, Panser Anoa, Panser Komodo, Tank Scorpion, Lvt-7 A1, BNp 3f, Roket MIrs Vampire Grad, Helly Caracal, Helly Colibri dan Ooerlikon.

Baca juga: Panglima TNI ingatkan prajurit TNI-AD pegang teguh netralitas

Baca juga: Polri: Kapolri Tito netral dalam Pemilu


Baca juga: ASN Banten diminta jaga netralitas Pemilu 2019

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018