Surabaya (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Surabaya menyatakan kesiapannya dalam penyelenggaraan Pemilu 2019.

"Kami ingin menunjukkan kepada publik bahwa KPU Surabaya telah siap menyelenggarakan Pemilu 2019," kata Ketua KPU Surabaya, Nur Samsi, saat mengunjungi Gudang Logistik Pemilu di Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Surabaya, Selasa.

Menurut dia, ada tiga hal yang perlu disiapkan KPU yakni pertama tentang rekrutmen Kelompok Panitia Pemungutan Suara yang dilaksanakan paling lambat satu bulan sebelum pelaksanaan pemungutan suara.

"Insya Allah, kawan-kawan PPS atau petugas yang melakukan rekrutmen ini berkoordinasi dengan tokoh masyarakat setempat agar diperoleh petugas KPPS yang kredibel," katanya.

Kedua, lanjut dia, terkait anggaran, berdasarkan yang disampaikan oleh pimpinan KPU, anggaran Pemilu 2019 yang dianggarkan pada 2018 ini telah siap.

"Sehingga bagi KPU Kota Surabaya tidak ada keraguan terkait dengan anggaran tersebut," katanya.

Baca juga: KPU: Jumlah TPS di Cilacap bertambah

Ketiga terkait logistik, ia menegaskan meskipun SDM dan anggaran telah siap, kalau logistik belum siap tentunya tidak bisa dilaksanakan Pemilu 2019. Oleh karena itu, lanjut dia, hal ini perlu disampaikan kepada publik bahwa KPU Surabaya telah siap dari kebutuhan logistiknya.

Adapun beberapa kebutuhan perspektif logistik di TPS yang dimaksud, di antaranya bilik suara, kotak suara, segel, alat coblos TPS dan surat suara.

"Sedangkan yang belum siap sampai hari ini adalah segel dan surat suara. Insya Allah ke depan KPU segera menyiapkan segel dan surat suara," katanya.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018