Dipadukan bersama jalan sehat, Sepeda Nusantara 2018 Bantaeng disambut antusias

Dipadukan bersama jalan sehat, Sepeda Nusantara 2018 Bantaeng disambut antusias

Sejumlah peserta bersiap untuk memulai Sepeda Nusantara 2018 edisi Bantaeng yang diberangkatkan dan finis di kawasan Pantai Seruni, Bantaeng, Sulawesi Selatan, Minggu (25/11/2018). (ANTARA/Gilang Galiartha)

Bantaeng, Sulawesi Selatan (ANTARA News) - Ajang sepeda santai nasional Sepeda Nusantara 2018 di Bantaeng, Sulawesi Selatan, yang digelar dipadukan bersama dengan jalan sehat pada Minggu, mendapat sambatan antusias dari masyarakat setempat.

Tak kurang dari 15.000 orang ambil bagian dalam ajang tersebut, yang secara khusus untuk Sepeda Nusantara 2018 diikuti lebih dari 2.000 orang.

Bahkan, sejumlah komunitas sepeda dari luar Bantaeng juga ikut turun mengayuh kendaraan roda dua mereka dalam Sepeda Nusantara 2018.

Salah satunya, adalah komunitas Sepeda Lipat Makassar (SLIM) yang bahkan sejak Sabtu terlebih dulu menempuh jarak lebih dari 130 km dari ibu kota Sulsel tersebut untuk mengikuti Sepeda Nusantara 2018 di Bantaeng.

Baca juga: Sepeda Nusantara 2018 gaungkan Lombok Bangkit

Deputi I Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Faisal Abdullah, menilai tingginya jumlah peserta di Bantaeng cukup menjadi indikator yang baik bagi Sepeda Nusantara 2018 yang menjadi bagian dari gerakan Ayo Olahraga besutan kementerian itu.

"Saya kira dengan selesainya Asian Games dan Asian Para Games di Indonesia, kita perlu memiliki indikator yang baik dalam gerakan Ayo Olahraga," kata Faisal saat turut menghadiri Sepeda Nusantara 2018 di titik pemberangkatan dan finis di Lapangan Pantai Seruni, Bantaeng.

"Kegiatan Sepeda Nusantara ini Alhamdulillah semakin dikenal dan jumlah pesertanya cukup banyak. Semoga ke depannya semakin sukses," ujarnya menambahkan.
Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga, Faisal Abdullah (memegang bendera), bersiap memberangkatkan para peserta Sepeda Nusantara 2018 edisi Bantaeng yang turut diikuti langsung oleh Bupati Bantaeng Ilhamsyah Azikin Solthan dari kawasan Pantaj Seruni, Bantaeng, Sulawesi Selatan, Minggu (25/11/2018). (ANTARA/Gilang Galiartha)


Sementara itu, Bupati Bantaeng Ilhamsyah Azikin Solthan yang juga turut mengayuh sepedanya dalam ajang tersebut menyebut kesempatan menjadi salah lokasi tuan rumah adalah sebuah kehormatan bagi Bantaeng.

"Menjadi sebuah kehormatan bagi Bantaeng bisa menjadi tuan rumah Sepeda Nusantara 2018. Ini merupakan momentum pengembangan olahraga masyarakat Bantaeng juga," kata Bupati yang juga tengah merayakan ulang tahun ke-45 bersamaan dengan ajang tersebut.

Sepeda Nusantara 2018 di Bantaeng menempuh rute sejauh 15 km yang diberangkatkan dari Pantai Seruni dengan melewati Kantor Bupati Bantaeng, Kelurahan Lamalaka, Desa Rappoa, Desa Lumpangan, Bateballa, Batu Karaeng dan Dapoko sebelum kembali tiba di Pantai Seruni.

Selain di Bantaeng, Sepeda Nusantara 2018 pada Minggu juga diselenggarakan di dua titik lain yakni Maros, Sulawesi Selatan dan Sukabumi, Jawa Barat.

Baca juga: Tentara Repoeblik Onthel "serbu" Sepeda Nusantara Sidoarjo
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018