Jakarta (ANTARA News) - Calon wakil presiden, Sandiaga Uno, melakukan ziarah ke makam Iskandar Muda yang merupakan pahlawan nasional asal Aceh yang juga membawa Serambi Mekkah pada kejayaannya, baik bidang pertahanan maupun ekonomi.
     
"Di zaman Sultan Iskandar Muda ini Aceh mengalami masa kejayaannya. Tidak hanya dalam bidang politik, tapi juga ekonomi yang melakukan hubungan dagang dengan Eropa dan disegani di kawasan Asia," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.
     
Hal ini bisa menjadi pembelajaran untuk semua, dimana kejayaan kerajaan dan kesultanan di seluruh  Indonesia dulu untuk kembali Indonesia menjadi besar, katanya.
     
Cawapres yang berpasangan dengan Prabowo Subianto ini kemudian dipeusijuek (tepung tawari) di dalam gedung kesultanan. Dia disambut keturunan raja-raja Aceh salah satunya Keturunan Raja Meureuhom Daya, Raja Saifullah.
     
Sandiaga beberapa kali menyatakan kegemasannya dengan  ekonomi Indonesia yang banjir impor, khsusunya kebutuhan yang bisa  diproduksi di dalam negeri. 
     
Ketergantungan ini bisa membuat ekonomi Indonesia terpuruk. Hanya menjadi penonton bukan pemain.  Indonesia hanya menjadi pasar, tapi tidak sebagai produsen, katanya.
     
"Bayangkan dengan bonus demografi yang begitu besar di 2020, sekitar 120 juta anak muda, ini bisa menjadi anugerah  tersendiri. Tapi jika tidak ada perbaikan dalam kebijakan maupun regulasi ekonomi, kita hanya menjadi penonton,” kata Sandiaga.
     
Pilpres 2019 diikuti dua pasangan calon yakni nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018