Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengingatkan seluruh elemen bangsa, bahwa inti dari peringatan Hari Pahlawan bukan semata pada kemeriahan acara atau prosesinya, tapi mentransformasikan semangat peringatan tersebut menjadi energi membangun bangsa.

"Substansi setiap peringatan Hari Pahlawan adalah menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Transformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan," kata Mensos dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Dia menjelaskan, peringatan Hari Pahlawan tersebut  perlu ditransformasikan dari awalnya berupa keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini antara lain kemiskinan.

Mensos mendampingi Presiden Joko Widodo dalam upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Sementara di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Wakil Presiden M Jusuf Kalla memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan. 

Menurut Mensos, seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia.

Mengutip tema Hari Pahlawan Tahun 2019 “Semangat Pahlawan di Dadaku", Mensos memaknainya bahwa sesuai fitrah, dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan. Menurut dia, ini bermakna, siapapun dapat menjadi pahlawan. 

"Setiap warga negara lndonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hari yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara," kata Mensos.

 Baca juga: Presiden Jokowi Ingatkan pemuda agar terus semangat maknai Hari Pahlawan
Baca juga: Polisi kenakan seragam juang atur lalu lintas
 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018