Solo (ANTARA News) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mulai membuka pendaftaran Rektor baru yang akan menggantikan pejabat sebelumnya, Ravik Karsidi.

 "Tahap penjaringan dimulai dengan pendaftaran bakal calon (Balon) Rektor ke-7 dan seleksi administratif berupa klarifikasi dan verifikasi administrasi," kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor (PPR) UNS 2019-2023, Sahid Teguh Widodo, di Solo, Sabtu.

Ia mengatakan, tahap penjaringan dilaksanakan untuk memperoleh sedikitnya empat Balon rektor. Untuk tahapan penjaringan ini meliputi pengumuman penjaringan Balon Rektor UNS yang dilakukan pada 9 November - 13 Desember 2018.

 Selanjutnya pendaftaran Balon Rektor UNS dilakukan pada 14 - 27 Desember 2018, verifikasi berkas administrasi Balon Rektor UNS pada 4-10 Januari 2019 serta penetapan dan pengumuman pada 11 Januari 2019.

Ia mengatakan untuk tahap penyaringan diawali dengan pemaparan visi, misi, dan program kerja oleh balon rektor di hadapan rapat senat terbuka yang dapat diikuti civitas akademika UNS, dilanjutkan pemilihan oleh senat dalam rapat senat tertutup dalam hari yang sama yang digelar pada 5 Februari 2019.

"Tahap penyaringan dilaksanakan untuk menetapkan tiga calon rektor dan dapat dihadiri oleh pejabat kementerian yang ditunjuk oleh Menristekdikti," katanya.

Kemudian, dikatakannya, tahap pemilihan Rektor UNS dilakukan dalam rapat senat tertutup yang dilaksanakan oleh senat bersama Menristekdikti atau pejabat yang ditunjuk. Ia mengatakan calon rektor dengan suara terbanyak ditetapkan sebagai calon rektor terpilih yang rencananya digelar antara 13-30 Maret 2019 menyesuaikan jadwal Menristekdikti.

 "Lalu tahap terakhir yaitu penetapan dan pelantikan Rektor UNS oleh Menristekdikti RI," kata Sahid.

 Sementara itu, Rektor UNS, Ravik Karsidi berharap nantinya pengganti dia bisa menjaga keberlanjutan dari cita-cita, harapan, dan keinginan dari seluruh civitas akademika UNS, yaitu terus dan makin maju.

"Pada 2019-2020 nanti Rektor baru juga akan menghadapi masa transisi status universitas ini dari awalnya Satker, Perguruan Tinggi Negeri - Badan Layanan Umum (PTN - BLU)," katanya.

 Dia mengatakan, yang menarik pada pemilihan Rektor UNS baru adalah para pendaftar bisa berasal dari manapun, atau dari luar UNS.

 "Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah dia harus PNS, ini sesuai Permen Kemenristekdikti," ujar Ravik.

 Baca juga: Prof Suwarto terpilih sebagai rektor Unsoed Purwokerto
 Baca juga: UI masuk 300 besar perguruan tinggi dunia
 

Pewarta: Aries Wasita Widi Astuti
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018