Sidoarjo (ANTARA News) - Pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan pelaksanaan Sepeda Nusantara 2018 tuntas sesuai jadwal meski saat di Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu baru memasuki etape 28 dari sekitar 70 etape yang direncanakan.

"Memang di sini baru etape 28, tapi di daerah lain hari ini juga dilakukan kegiatan yang sama. Dalam satu pekan terutama Sabtu dan Minggu ada sekitar tujuh hingga delapan etape. Saya optimis tepat waktu," kata Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta di Sidoarjo.

Sepeda Nusantara 2018 merupakan salah satu program unggulan Kemenpora. Kegiatan ini dimulai dari perbatasan Indonesia-Malaysia tepatnya di Entikong, Kalimantan Barat, 30 Juni dan dijadwalkan akan finis di Bali akhir November.

Kegiatan ini akan melintasi sekitar 70 kabupaten/kota yang ada di Indonesia. Selain dilakukan secara mandiri seperti halnya di Sidoarjo, Kemenpora juga melibatkan sekitar 15 pebalap untuk menyukseskan kegiatan ini dengan mengayuh sepeda dengan jarak 6.500 km.

Menurut Raden Isnanta, kegiatan ini sudah mendapatkan dukungan penuh dari DPR RI terutama Komisi X. Bahkan saat pelaksanaan Sepeda Nusantara 2018 di Sidoarjo juga dihadari oleh anggota DPR RI Arzeti Bilbina.

"Tujuan kegiatan kegiatan ini sudah jelas yaitu yaitu untuk membudayakan olahraga bagi masyarakat. Kami berharap bersepeda ini menjadi kebutuhan hidup," kata Raden Isnanta menambahkan.

Sepeda Nusantara 2018 etape 28 ini diikuti sekitar 3.000 peserta. Tidak hanya dari Sidoarjo, peserta kegiatan ini juga berasal dari wilayah sekitar seperti Pasuruan, Malang dan Surabaya. Apalagi kejuaraan ini juga memperebutkan satu unit sepeda motor serta hadiah yang lain.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah bahkan turun langsung dengan melepas Sepeda Nusantara 2018 yang dipusatkan di komplek Stadion Gelora Putra Delta. Bahkan orang nomor satu di Kota Udang ini juga menyumbangkan suara emas dengan bernyanyi menghibur masyarakat.

Sementara itu anggota Komisi X DRP RI Arzeti Bilbina mengatakan Sepeda Nusantara merupakan kegiatan yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Pihaknya berharap kegiatan ini bisa memacu semangat masyarakat untuk terus berolahraga.

"Harapan kami memang seperti itu. Semoga masyarakat lebih familiar lagi untuk olahraga terutama bersepeda. Lakukanlah dengan senang," kata mantan model kenamaan Indonesia itu. 

Baca juga: Tentara Repoeblik Onthel "serbu" Sepeda Nusantara Sidoarjo
Baca juga: Pacitan ingin jadi lumbung atlet nasional
Baca juga: Sepeda Nusantara singgah di Kota 1001 Goa

 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018