Forum Anak diharapkan jadi mitra pemerintah selesaikan masalah anak

Forum Anak diharapkan jadi mitra pemerintah selesaikan masalah anak

Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lenny N Rosalin. (ANTARA/Dewanto Samodro)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengharapkan Forum Anak menjadi  mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi anak-anak.

"Kami memerlukan peran dan kontribusi langsung dari anak-anak untuk berperan menjadi pelopor dan pelapor," kata Deputi Tumbuh Kembang Anak  Kementerian PP-PA Lenny Rosalin saat membuka Pelatihan Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor Pemenuhan Hak Anak di Jakarta, Jumat.

Lenny mengatakan Forum Anak merupakan wadah untuk pemenuhan hak partisipasi anak yang dibentuk secara berjenjang, mulai dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan kelurahan/desa dengan anggota dari berbagai kelompok anak.

Hingga Mei 2018, terdapat 34 Forum Anak di tingkat provinsi dan 418 Forum Anak di tingkat kabupaten/kota.

"Kegiatan ini sangat strategis dalam mengoptimalkan peran Forum Anak menuju Indonesia Layak Anak atau IDOLA pada 2030," jelasnya.

Menurut Lenny, anak-anak peserta pelatihan akan ditingkatkan kapasitas, pemahaman, pengetahuan, kesadaran dan perannya sebagai pelopor dan pelapor pemenuhan hak anak.

Sebagai pelopor, anak diharapkan dapat memulai aksi dalam memberikan kontribusi positif dan sebagai agen perubahan di tingkat nasional atau daerah dalam mengatasi permasalahan anak yang terjadi di wilayahnya.

Sementara sebagai pelapor, anak-anak diharapkan dapat melaporkan segala hal yang berkaitan dengan pemenuhan hak-hak anak melalui berbagai macam saluran yang telah disediakan negara.  

Baca juga: 466 Forum Anak sudah terbentuk di seluruh Indonesia
Baca juga: Yohana minta forum anak putus rantai kekerasan
Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018