Jakarta (ANTARA News) – Hasil survei “Healthy Aging 2018” Asia Pasifik menyebutkan 92 persen responden Indonesia setuju akan mengambil langkah menghadapi penuaan yang sehat dan 76 persen sudah mengambil langkah tersebut.

“Sebanyak 54 persen percaya bahwa usia 40-45 tahun adalah usia yang tepat untuk memulai langkah guna menua dengan sehat,” kata Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi saat berbincang di acara survei Herbalife Nutrition “2018 Asia Pacific Healthy Aging Survey” di Jakarta, Selasa. 

Disebutkan 89 persen dari responden orang Indonesia mengatakan mereka akan lebih baik dalam memilih jenis nutrisi. Sementara 76 persen ingin melakukan aktivitas fisik untuk menstimulasi mental lebih banyak supaya bisa menua lebih sehat.

Disebutkan juga, Asia Pasifik adalah kawasan yang mengalami proses penuaan, dimana lebih dari 200 juta orang akan berada di usia lanjut (usia 65 tahun atau lebih) hingga 2030 nanti, menurut data Asia-Pacific Risk Centre. 

Oleh karena itu, Herbalife Nutrition melakukan 2018 Asia Pacific Healthy Aging Survey yang melibatkan 5.500 orang berusia 40 tahun lebih dari 11 negara, seperti Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapra, Taiwan, Thailand, dan Vietnam mengenai menua yang sehat. 

“66 persen lebih aktif secara fisik, 62 persen hidup mandiri dan bebas, 61 persen tidak menjadi beban keluarga, 60 persen tidak menderita kronis, dan 66 persen menjadi lebih aktif secara mental,” kata Andam.

Menurut hasil survei “Healthy Aging 2018” Asia Pasifik menyebutkan langkah yang diambil untuk menua dengan sehat, di antaranya 81 persen responden memilih nutrisi yang lebih baik, 75 persen responden melakukan lebih banyak aktivitas fisik, 62 persen responden lebih sering memeriksakan kesehatan, dan 47 persen dari mereka mengonsumsi suplemen yang mendukung penuaan yang sehat.

Melihat fakta tersebut, Profesor psikiatri dan ilmu biobehavioral Brain Research Institute University of California, Los Angeles, Gary Small, MD memberikan apresiasi kepada masyarakat Indonesia yang mengetahui untuk menerapkan gaya hidup sehat dan aktif.

“Apa yang mereka lakukan itu baik. Sehingga, hal itu akan memperpanjang usia mereka saat tua nanti,” ujar Small.

Baca juga: Orang depresi cepat menua, kata studi

Baca juga: Orang Gemuk Kemungkinan Lebih Cepat Menua

 

Pewarta: Anggarini Paramita
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018