Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengharapkan kegiatan pelatihan instruktur kebugaran dan pelatih fisik olahraga dapat meningkatkan prestasi olahraga Indonesia. 

Harapan tersebut disampaikan oleh Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Mulyana saat membuka kegiatan Pelatihan Instruktur Kebugaran dan Pelatih Fisik Olahraga di GOR Otista, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Senin. 

"Semoga kegiatan pelatihan ini bisa meningkatkan prestasi masyarakat Indonesia, terutama di bidang olahraga," kata Mulyana.

Menurut dia, kegiatan pelatihan bagi instruktur kebugaran dan pelatih fisik olahraga tersebut sangat penting karena akan berdampak terhadap pembentukan fisik atlet-atlet yang akan dilatih kedepannya. 

"Pelatihan ini penting karena akan menentukan bagaimana nanti pelatih bisa membentuk para atlet dengan basic atau dasar-dasar yang bagus, yang mumpuni," ujar Mulyana. 

Selain itu, dia menuturkan pelatihan tersebut juga penting bagi para atlet, terutama dalam masa transisi, misalnya dari atlet tingkat wilayah, kemudian menjadi atlet tingkat provinsi. 

"Kemudian, nanti beda lagi pelatihannya bagi atlet-atlet nasional yang akan mengikuti kejuaraan tingkat Asia atau bahkan Olimpiade. Makanya, pelatihan mendasar ini menjadi penting sekali," tutur Mulyana. 

Pelatihan instruktur kebugaran dan pelatih fisik olahraga diikuti oleh sebanyak 525 orang dari berbagai disiplin ilmu olahraga. Kegiatan tersebut berlangsung mulai 29 hingga 31 Oktober 2018.

Baca juga: Kemenpora: Asian Games momentum revitalisasi Sumpah Pemuda

 

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018