Dosen FT-UI beri pendidikan berlalu lintas pelajar SD

Dosen FT-UI beri pendidikan berlalu lintas pelajar SD

Peluncuran Kapal Riset UI Pj. Rektor Universitas Indonesia Bambang Wibawarta (kiri) bersama Pakar Hukum Maritim Chandra Motik Yusuf (tengah) dan Pencipta Kapal "Triwitono" yang juga Dosen Program Studi Teknik Perkapalan FTUI Hadi Tresno Wibowo (kanan) berfoto bersama saat peluncuran Kapal Pendidikan dan Riset "Triwitono" di Danau Kenanga, Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin (13/10). Kapal jenis Pelat Datar (Flat Huul Ship) tersebut nantinya digunakan untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan serta pengembangan riset dan pendidikan kemaritiman. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Depok, (ANTARA News) - Dosen Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) memberikan pendidikan berlalu lintas yang benar bagi murid sekolah dasar (SD) di Kota Depok.

Kegiatan itu dipusatkan di SD PSKD Kwitang VIII, Jalan Pitara, Kota Depok, Jawa Barat.

"Kami melakukan pengenalan mengenai berlalu lintas yang selamat dan apa yang harus dilakukan untuk menjadi pengguna jalan yang baik," kata Ketua Tim Pengabdianan Masyarakat UI, Ir Martha Leni Siregar, MSc., yang juga dosen Departemen Teknik Sipil FTUI, di kampus UI Depok, Jumat.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka "Aksi UI Peduli Ramah Anak" bertajuk "Pelatihan Keselamatan Berlalu Lintas Bagi Murid SD'" itu sebagai bentuk kepedulian civitas akademika FTUI untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan anak. 

Dalam kegiatan tersebut juga mengundang dua narasumber dari unit Dikmas Satlantas Polres Depok, Ipda Purwanto dan Brigpol Nurshanti yang memberikan paparan dan kegiatan interaktif dengan siswa.

Beberapa poin penting materi yang disampaikan adalah pentingnya berlalu lintas dengan selamat, penggunaan helm, pengenalan rambu, cara menyeberang dan lain-lain.

Adapun materi yang disampaikan disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman siswa sehingga kegiatan berlangsung dengan aktif, ceria dan gembira dengan menggunakan alat peraga sehingga memudahkan para murid mengerti dan mengingat apa yang disampaikan dalam kegiatan tersebut.

Para murid menunjukkan antusiasmenya dan berperan aktif ketika dilakukan tanya jawab dan saling berlomba menjawab pertanyaan yang diberikan oleh para pelatih.

Kepala Sekolah Dasar PSKD Kwitang VIII Depok, Yulia Prihatin mengatakan murid sangat antusias dan diharapkan mereka dapat mengerti pentingnya berlalu lintas dengan selamat.

Dia mengharapkan, upaya pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh civitas akademika UI dapat berdampak bagi masyarakat di sekitar wilayah kampus UI maupun di berbagai wilayah lainnya yang ada di Indonesia.
 

UI saat ini sedang menggencarkan program pengabdian masyarakat sebagai bentuk pemberdayaan diri civitas akademika UI, dosen dan mahasiswa agar dapat memberikan manfaat bagi kepentingan masyarakat.

 
Baca juga: UI buka Sekolah Budaya Jawa di Boyolali

Baca juga: UI kembangkan inovasi farmasi halal
Pewarta : Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2018