Calon PNS keluhkan tes tulis yang molor

Calon PNS keluhkan tes tulis yang molor

PERSIAPAN TES CPNS SURABAYA Petugas menyiapkan komputer untuk ujian penerimaan pegawai negeri sipil di Gelanggang Remaja, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (26/10/2018). (ANTARA FOTO/MOCH ASIM)

Jember (ANTARA News) - Sejumlah peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) Jember mengeluhkan molornya tes tulis seleksi kompetensi dasar (SKD) selama beberapa jam yang digelar di Gedung Serbaguna Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat sore.

Sesuai jadwal seharusnya tes tulis SKD untuk tahap pertama tersebut dimulai pukul 08.00 WIB, namun panitia mengumumkan penundaan hingga pukul 14.00 WIB dan peserta mulai mengerjakan soal tes tulis SKD sekitar pukul 15.30 WIB.

"Panitia sepertinya belum siap 100 persen untuk pelaksanaan tes tulis berbasis komputer, sehingga ujian molor beberapa jam dan hal itu merugikan waktu kami sebagai peserta," kata salah seorang peserta CPNS Jember Syamsun Sofa Rois.

Ia mengaku kecewa dan terpaksa pulang ke rumahnya di Kecamatan Jenggawah karena tes tulis ditunda sekitar enam jam lebih, padahal dirinya merupakan peserta tes tulis SKD tahap dua yang jadwal semula pada pukul 10.00 WIB.

"Saya baru mengetahui kalau ditunda pada pukul 14.00 WIB setelah bertanya kepada sesama peserta yang meninggalkan lokasi ujian, sehingga banyak peserta yang pulang dulu daripada menunggu di lokasi ujian," tuturnya.

Syamsun berharap pihak pemerintah dan panitia melakukan perbaikan dalam pelaksanaan tes tulis CPNS berbasis komputer karena hal tersebut baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Jember.

Hal senada juga dikeluhkan oleh Dwi Nur yang merupakan peserta CPNS Jember dari Kabupaten Bondowoso yang memilih pulang dulu ketimbang menunggu terlalu lama di lokasi tes tulis di Gedung Serbaguna Jember.

"Sesuai arahan panitia, peserta wajib hadir 1 jam sebelum pelaksanaan ujian tulis dimulai. Kami sudah datang tepat waktu, namun malah ditunda beberapa jam karena faktor kendala teknis," katanya.

Sementara Koordinator Panitia Seleksi Nasional Nur Hasanah mengatakan penundaan tes tulis CPNS selama beberapa jam tersebut karena faktor teknis koneksi jaringan internet yang masih belum bisa digunakan.

"Kalau kendala teknis itu dipaksakan, maka dikhawatirkan hal itu dapat merugikan peserta ujian tes tulis CPNS. Jadi, lebih baik mundur beberapa jam, karena tes tulis tersebut memerlukan koneksi jaringan internet yang memadai," katanya.

Pantauan di lapangan, sejumlah peserta tes tulis CPNS Jember sudah tiba di Gedung Serbaguna Jember sejak pukul 06.00 WIB dan sebagian besar datang pada pukul 07.00 WIB, namun panitia seleksi nasional CPNS pada pukul 09.00 WIB baru mengumumkan penundaan bahwa tes tulis tahap pertama akan dimulai pada pukul 14.00 WIB.

Jumlah peserta tes tulis seleksi CPNS Pemerintah Kabupaten Jember sebanyak 10.799 orang dan dijadwalkan mengikuti ujian sejak 26 Oktober hingga 3 November 2018, setiap hari dijadwalkan empat hingga lima sesi dengan menggunakan komputer sebanyak 250 unit.*

Baca juga: Tes CPNS digelar hingga malam hari

Baca juga: Tes CPNS di Maluku Utara ditunda


 
Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2018