Jakarta (ANTARA News) - Megabintang bola basket LeBron James membukukan triple-double saat mengantarkan Los Angeles Lakers meraih kemenangan 121-114 atas Denver Nuggets dalam laga lanjutan NBA di Staples Center, California, Amerika Serikat, Jumat WIB.

Triple-double pertama James di musim ini tersebut dicapainya lewat torehan 28 poin, 11 rebound dan 11 assist sembari mencatatkan tingkat akurasi tembakan 58,8 persen, demikian catatan pertandingan laman resmi NBA.

Hasil itu merupakan kekalahan perdana Nuggets di awal musim ini, setelah sebelumnya mereka menyapu bersih empat pertandingan dengan kemenangan dan kini memiliki catatan 4-1.

Sementara Lakers meraih kemenangan keduanya di era James, membuat mereka kini mengoleksi catatan 2-3.

Selain triple-double James, kemenangan Lakers juga disokong 22 poin yang dicetak Kyle Kuzma serta 21 poin milik JaVale McGee. Lonzo Ball memberikan kontribusi di semua lini dengan catatan 12 poin, 6 rebound, 8 assist dan 5 steal.

Sedangkan Josh Hart dan Lance Stephenson masing-masing menyumbangkan 12 poin bagi tuan rumah.

Nikola Jokic dan Jamal Murray menorehkan double-double untuk Nuggets, masing-masing lewat 24 poin dan 11 rebound serta 22 poin dan 10 rebound.

Tambahan 20 poin dari Monte Morris, 13 poin Gary Harris, 11 poin Trey Lyles serta 10 poin Mason Plumlee tak cukup mengamankan kemenangan bagi Nuggets yang sebetulnya memegang keunggulan hingga separuh awal kuarter keempat.

Baca juga: LeBron James: normal jika Lakers tertatih-tatih di awal

Baca juga: Celtics perpanjang catatan nirkemenangan Thunder


Pertandingan berjalan ketat sejak lemparan pemula dilakukan, namun Nuggets menutup kuarter pertama dengan keunggulan 26-22 atas tuan rumah setelah Lyles mencetak lay up pada sisa waktu 0,5 detik.

Sebuah fade away jump shot dari James pada sisa waktu 5 menit 40 detik sempat membawa Lakers unggul 45-41 atas Nuggets, dan bahkan mereka menutup paruh pertama dengan keunggulan 58-57 lewat tembakan tripoin Kuzma.

Saling kejar angka terjadi sepanjang kuarter ketiga, namun Nuggets mengakhiri periode 12 menit ketiga itu dalam keunggulan tipis 89-87 berkat dua lemparan bebas Murray.

Nuggets sempat menjauh ketika Plumlee menghempaskan sebuah alley oop dunk berasal dari umpan Harris yang mengubah skor menjadi 101-94 pada sisa waktu 7 menit 23 detik kuarter keempat, yang kemudian diperbesar menjadi 106-98 saat tembakan tripoin Morris melesak sekira semenit berselang.

Akan tetapi kegigihan Lakers memangkas jarak akhirnya membuahkan hasil ketika Hart sukses memanfaatkan dua kesempatan tembakan bebas yang membuat skor imbang 108-108 pada sisa waktu 3 menit 49 detik.

Lakers akhirnya berbalik unggul 110-108 saat James mencetak lay up menerima umpan dari Stephenson 19 detik kemudian. Sejak itu, Lakers menjaga keunggulan mereka dan lewat rentetan poin 11-4, tim besutan Luke Walton itu memastikan kemenangan keduanya musim ini dengan skor akhir 121-114 atas Nuggets.

James dkk akan melakoni laga berikutnya pada Minggu (28/10) WIB saat menyambangi kansang San Antonio Spurs (2-2), sementara Nuggets baru melantai dua hari berselang ketika menjamu New Orleans Pelicans (3-0) di Pepsi Center, Colorado.

Baca juga: Lillard cetak 41 poin, Blazers atasi Magic 128-114

Baca juga: Ditinggal James, Cavaliers awali musim dengan lima kekalahan beruntun

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018