Melalui Forum Anak, anak-anak diajarkan untuk menjadi pelopor dan pelapor bila ada permasalahan yang dihadapi anak-anak yang mereka lihat
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise mengatakan 466 Forum Anak telah terbentuk di seluruh Indonesia dalam upaya melindungi anak-anak.

"Melalui Forum Anak, anak-anak diajarkan untuk menjadi pelopor dan pelapor bila ada permasalahan yang dihadapi anak-anak yang mereka lihat," kata Yohana dalam Forum Merdeka Barat 9 di Auditorium Gedung 3, Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa.

Yohana mengatakan anak-anak yang menjadi anggota Forum Anak akan melakukan sosialisasi ke sekolah dan masyarakat sekitar untuk menurunkan angka perundungan dan perkawinan anak.

"Anak-anak di Forum Anak merupakan agen perubahan untuk generasi ke depan yang lebih baik," tuturnya.

Selain melalui Forum Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah mendorong sekolah-sekolah di semua tingkatan untuk menjadi Sekolah Ramah Anak, sekolah yang bebas dari perundungan, kekerasan, narkoba, rokok dan segala hal yang berpeluang menjadi masalah bagi anak-anak.

"Saat ini sudah ada 10.210 sekolah yang mendeklarasaikan diri sebagai Sekolah Ramah Anak," jelas Yohana.

Di tingkat pemerintah daerah, ia menjelaskan, juga telah ada 369 kabupaten/kota yang menyatakan diri sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak.

Yohana bicara tentang program "ThreeEnds" atau "Tiga Akhiri" yang merupakan program unggulan kementeriannya.

"Tiga akhiri itu adalah akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan orang khususnya perempuan dan anak dan akhiri ketidakadilan akses ekonomi bagi perempuan," katanya.

Baca juga:
KPPPA beri layanan kepada perempuan-anak korban kekerasan
Yohana minta forum anak putus rantai kekerasan

 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018