Petugas piket Damkar pos Calang menerima informasi yang disampaikan oleh salah seorang anggota Polres Aceh Jaya.
Meulaboh, Aceh, (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyatakan tidak kurang dari dua hektare lahan gambut terbakar di wilayah hutan Desa Lapang Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

"BPBD Aceh Barat mengerahkan satu unit armada Damkar 05 ke lokasi untuk melakukan pemadaman dan dibantu oleh TNI, Polri," kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Aceh Barat, Maimun, Meulaboh, Senin.

Penyebab kebakaran lahan di area bergambut itu sudah dalam penanganan pihak berwajib, petugas Damkar hingga Senin (22/10) pukul 17.00 WIB masih dalam upaya melakukan pemadaman api yang membakar lahan.

Jarak lokasi terbakarnya lahan bergambut itu berkisar 200 meter dari jalan utama Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, akan tetapi tidak ada permukiman masyarakat yang terdekat atau warga yang terdampak dari bencana pascabanjir ini.

Diwaktu yang tidak lama berselang Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaporkan kebakaran lahan juga terjadi di Kabupaten Aceh Jaya, lokasi kebakaran lahan itu di wilayah Desa Kabong, Kecamatan Krueng Sabee dengan luas 1,5 hektare.

Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya mengerahkan satu unit armada Damkar ke lokasi kejadian dan pemadaman titik api dibantu TNI, Polri, Rapi, Tagana dan masyarakat setempat.

"Petugas piket Damkar pos Calang menerima informasi yang disampaikan oleh salah seorang anggota Polres Aceh Jaya tentang kejadian tersebut yang berada dekat dengan salah satu rumah warga sekira pukul 12.25 WIB," kata Kepala Pelaksana BPBA H T Ahmad Dadek.

Setelah menerima info petugas langsung bergerak menuju ke tempat kejadian perkara (TKP) untuk melakukan penangganan, sementara luas lahan yang terbakar diperkirakan 1,5 hektare, untuk penyebab masih dalam penanganan pihak berwajib.

Baru berselang dua hari rendaman banjir telah surut mengepung dua kabupaten tersebut, namun bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) melanda, perubahan cuaca saat ini pada malam terjadi hujan sehingga memicu banjir sementara kebakaran lahan berpotensi pada siang hari.*

Baca juga: Tiga hektare lahan gambut di Aceh terbakar

Baca juga: 68 hektare gambut di Aceh terbakar



 

Pewarta: Anwar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018