Prabowo-Sandiaga napak tilas resolusi jihad di Jatim

Prabowo-Sandiaga napak tilas resolusi jihad di Jatim

Ketua DPP Partai Gerindra Chusni Mubarok (BPN Prabowo-Sandiaga)

Jakarta (ANTARA News) - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno melakukan safari politik di Jawa Timur. 
     
Dalam kunjungannya, Prabowo dan Sandiaga bersama rombongan melakukan napak tilas resolusi jihad yang dimulai dari Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur. 
     
"Untuk agenda di Jawa Timur kali ini, Pak Prabowo dan Pak Sandi akan melakukan napak tilas resolusi jihad yang diserukan oleh KH Hasyim Asy'ari untuk melawan penjajah dan mempertahankan kedaulatan NKRI," kata Ketua DPP Partai Gerindra Chusni Mubarok dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin. 

Kegiatan tersebut dimulai dengan apel 5.000 santri di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang. 
     
Chusni menjelaskan, semangat Prabowo dan Sandiaga dalam mempertahankan kedaulatan NKRI sangat terinspirasi dari resolusi jihad itu. Bahkan cikal bakal semangat pertempuran 10 November 1945 di Surabaya tidak terlepas dari resolusi jihad tersebut. 
     
Bagi Prabowo dan Sandiaga, resolusi jihad merupakan tonggak perjuangan dan bagian sejarah yang tidak bisa dilepaskan dari pertempuran 10 November 1945 melawan penjajah yang kini menjadi Hari Pahlawan Nasional. 
     
"Resolusi jihad yang diserukan oleh KH Hasyim Asy'ari dan disambut dengan pekik semangat yang digelorakan oleh Bung Tomo membuat arek-arek Suroboyo beserta para laskar santri dari berbagai daerah di tanah Jawa gigih berani melawan penjajah pada pertempuran 10 November 1945," katanya.
     
Chusni yang juga merupakan Wasekjen Pimpinan Pusat GP Ansor itu menjelaskan, dalam napak tilas resolusi jihad tersebut Prabowo dan Sandiaga juga bersilaturahim dengan Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng KH Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Solah.

Dilanjutkan berziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari. Setelah bersilaturahim dengan Gus Solah dan berziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari. Selanjutnya Prabowo dan Sandiaga menyapa serta berdialog dengan para santri di Ponpes Tebu Ireng. 

"Kemudian akan mengunjungi Ponpes Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang untuk bersilahturahim dengan para pengurus pondok pesantrennya serta berziarah ke makam KH Bisri Syansuri yang juga merupakan seseorang ulama besar di Jawa Timur," kata Chusni yang juga Caleg DPR RI Partai Gerindra dari Dapil Malang Raya itu.
     
Prabowo dan Sandiaga juga melanjutkan perjalanannya ke Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang. Di sana, mereka melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional sekaligus pendiri organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama, yakni KH Wahab Chasbullah yang rencananya didampingi oleh putra Mbah Wahab, yakni KH Hasib Wahab Chasbullah.
     
Silaturahim kepada para kyai dan santri serta ziarah ke makam para pejuang bangsa itu merupakan rangkaian napak tilas resolusi jihad yang dilakukan oleh Prabowo dan Sandiaga selama di Jawa Timur ini.
     
"Selain itu acara napak tilas ini juga dimeriahkan dengan pawai kendaraan jeep dari Jombang menuju Tugu Pahlawan Surabaya, sebagai simbol semangat perjuangan dan perlawanan terhadap segala bentuk penjajahan," kata Chusni. 

Baca juga: Badan Pemenangan Prabowo-Sandiaga di Malaysia terbentuk
Baca juga: Prabowo-Sandiaga akan safari politik ke Jatim
Baca juga: Prabowo dinilai sudah benar tidak libatkan kepala daerah
Pewarta : Susylo Asmalyah
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2018