Kalau jalan, pada H-2 siap diaspal, sehingga pada saat puncak acara seluruh persiapan bisa dituntaskan.
Banjarmasin (ANTARA News) - Persiapan pelaksanaan Hari Pangan Sedunia 2018 di Kalimantan Selatan 99 persen telah tuntas, baik target pembukaan dan penanaman lahan di Desa Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala dan infrastruktur lainnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sekaligus Ketua Harian Hari Pangan Sedunia (HPS) Suparno di Banjarmasin, Kamis, mengatakan, peringatan HPS dipusatkan di dua tempat yaitu di Jejangkit dan di Banjarbaru.

Peringatan yang bakal dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri puluhan duta besar dan tamu dari berbagai negara tersebut, terdiri dari 11 kegiatan, satu kegiatan di Kabupaten Batola dan 10 kegiatan di Banjarbaru.

Khusus di Jejangkit, persiapannya sudah 99 persen, mulai dari pembukaan lahan seluas 750 hektare, tanaman padi yang siap panen, pembangunan jembatan kayu, helipad, venue dan lainnya.

"Kalau jalan, pada H-2 siap diaspal, sehingga pada saat puncak acara seluruh persiapan bisa dituntaskan," katanya.

Beberapa kendala yang muncul adalah mulai banyak tikus yang merusak tanaman, namun diatasi dengan menjebak tikus-tikus tersebut. "Hampir tiap hari, kita menangkap sedikitnya lima ekor tikus," katanya.

Selain itu, untuk mengantisipasi kekurangan maupun kelebihan air di lokasi peringatan, panitia juga telah menyiapkan pompa besar untuk mengatur sistem pengairan.

Sedangkan persiapan di Banjarbaru, 99 persen juga sudah siap bahkan beberapa acara sudah siap untuk mulai dilaksanakan.

Beberapa acara yang dilaksanakan di Banjarbaru antara lain, adalah pameran gelar teknologi pangan antara lain penanaman di bekas tambang, persiapan kampung peternakan, kampung perkebunan, kampung tanaman pangan, kampung hortikultura dan kampung lestari.

Di lokasi tersebut, panitia menyiapkan tidak kurang dari seratus jenis tanaman sayur mayur, buah dan lainnya siap.

Begitu juga di kampung peternakan, seluruh hewan ternak khas Kalsel, mulai sapi, kerbau, kambing, itik dan lainnya, juga ada. Panitia juga menyiapkan stand yang bakal diisi oleh seluruh provinsi di Indonesia.

"Mulai tanggal 16 juga digelar lomba masak dengan menghadirkan juru masak dari hotel-hotel terkenal di Banjarmasin. Sehingga selama itu, kita bisa makan-makan," katanya.

Pernyataan Suparno tersebut disampaikan dalam jumpa pers persiapan pelaksanaan HPS yang juga dihadiri oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan seluruh pejabat terkait.*

Baca juga: 20 dubes bersedia adopsi pohon Kalsel

Baca juga: Pemprov Kalsel selenggarakan pameran Hari Pangan Sedunia


 

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018