Sabang, Aceh (ANTARA News) - Bendera Pusaka Merah Putih diarak dari Tugu Kilometer Nol Indonesia (Sabang) dan selanjutnya mengelilingi kepulauan terluar paling barat Sumatera menyambut HUT ke-73 TNI pada 5 Oktober 2018.

Ketua DPRK Sabang M Nasir yang mengenakan baju adat Aceh menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Komandan Korem 012 Teuku Umar, Kolonel Inf Aswardi dan selanjutnya Sang Saka disekaran ke Pasukan pembawa bendera di Titik Nol Indonesia, Jumat,

Dari Tugu Kilometer Nol Indonesia, Bendera Merah Putih tersebut dibawa konvoi dengan sejumlah mobil yang mendapat pengawalan ketat dari sejumlah pasukan TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP).

Pawai tersebut juga turut melibatkan Pemerintah Kota Sabang bersama sejumlah Aparatut Sipil Negara (ASN) dan masyarakat setempat.

Masih di Tugu Kilometer Nol Indonesia, Bendera Merah Putih dibawa menuju Sabang Fair dan dari Sabang Fair dibawa ke Kantor Wali Kota Sabang yang diterima langsung oleh Wali Kota Sabang Nazaruddin.

Kemuduian, Wali Kota Sabang Nazaruddin beserta rombongan pawai membawa Bendera Merah Putih menuju Dermaga Pangkalan TNI AL Lanal Sabang untuk diserahkan ke Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto.

Selanjutnya, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto menyerahkan bendera Merah Putih ke Komandan Kapal KRI Halasan-630 dan akan dibawa ke Pelabuhan Malahayati, Aceh Besar.

"Nanti di Pelabuhan Malahayati, Bendara Merah Putih diterima oleh Bapak Bupati Aceh Besar, Mawardi," kata Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto di Dermaga Lanal Sabang.

Dari Provinsi Aceh, Bendera Merah Putih akan dibawa mengelilingi sejumlah kota diantaranya, Provinsi Riau, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, Samarinda, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Raja Empat dan berakahir di Provinsi Papua (Merauke).

Acara puncak HUT TNI pada 5 Oktober 2018 akan berlangsung di Merauke, Papua dan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo diagendakan bertindak sebagai inspektur upacara yang didampingi Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama kepala Staf TNI lainnya.

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018