Gerai Cupang Kewirausahaan Terpadu diresmikan di Slipi

Gerai Cupang Kewirausahaan Terpadu diresmikan di Slipi

Kepala Dinas KPKP Darjamuni (kiri) dan Plh Wali Kota Jakarta Barat M.Zen saat meninjau Gerai Cupang Kewirausahaan Terpadu pada Kamis (20/9) (ANTARA/ DEVI NINDY)

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Kota Jakarta Barat meresmikan Gerai Cupang Kewirausahaan Terpadu, yang akan menjadi pusat penjualan ikan hias cupang sekaligus menjual bahan pangan murah bagi pemilik Kartu Jakarta Pintar (KJP) di Jak Mart yang tersedia di dalamnya.

Gerai yang terletak di Sentra Promosi dan Pemasaran Ikan Hias Slipi, Palmerah, Jakarta Barat tersebut diresmikan oleh Pelaksana harian Wali Kota Jakarta Barat M.Zen pada Kamis. Mewakili Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berhalangan meresmikan gerai tersebut, hadir Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Darjamuni.

"Peresmian gerai cupang ini ditujukan untuk lebih mempromosikan budidaya dan penjualan ikan cupang agar lebih maju dan berkembang pesat. Memang ini sudah lama sekali ada, tetapi melalui momen ini kita evaluasi kekurangannya sehingga menjadi acuan untuk tindakan kita bersama kedepannya," ujar M.Zen

M.Zen menambahkan, Sentra Promosi dan Pemasaran Ikan Hias Slipi awalnya hanya dipusatkan untuk aktifitas penjualan ikan cupang saja. Namun kali ini, sentra tersebut kedepannya diharapkan menjadi tujuan terdekat warga Kelurahan Slipi yang memiliki KJP untuk mendapatkan bahan pangan murah.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni menyebut peresmian gerai kewirausahaan terpadu tematik tersebut merupakan yang ketiga kalinya. Sebanyak 85 pengusaha ikan cupang binaan tergabung dalam gerai tersebut.

"Hampir semuanya merupakan pengekspor ikan cupang yang sukses hingga mancanegara. Jadi jangan dianggap remeh," ujar dia.

Selain itu, ia menargetkan hingga sepuluh peresmian gerai kewirausahaan terpadu yang bersifat tematik hingga akhir 2019.

"Sebentar lagi kita akan resmikan Gerai Susu di Bambu Apus, dan Gerai Nelayan di Muara Angke. Intinya, gerai-gerai ini akan kami tambahkan produk binaan UKM setempat dan produk-produk KJP," jelasnya.

Kepala Suku Dinas KPKP Masawitry Gumay saat dikonfirmasi mengenai gerai cupang menolak menyebutnya sebagai Gerai OK OCE Cupang seperti yang sempat diberitakan media.

"Itu hanya sistem saja. Tetapi semua pengusaha disini merupakan binaan Sudin KPKP Jakarta Barat, dan semua sudah kami data serta bina. Sehingga namanya menjadi gerai kewirausahaan terpadu," ujar dia.

Gerai tersebut, tambahnya, ditujukan untuk memfasilitasi pedagang ikan cupang, yang kebanyakan hanya berjualan di depan rumah mereka di gang-gang kecil yang sulit diakses.

"Untuk itu, adanya gerai cupang ini sekaligus untuk promosi dan memfasilitasi mereka agar ikan cupangnya bisa dijual disini secara terpusat," jelas dia.

Selain itu, Masawitry mengatakan peresmian gerai tersebut juga diiringi dengan pembagian KJP agar warga dapat berbelanja di Jak Mart, yang akan beroperasi setiap hari untuk memudahkan warga sekitar sentra mendapatkan produk-produk KJP seperti daging ayam, daging sapi, telur, ikan dan susu.

"Biasanya warga menunggu sebulan sekali produk KJP dijual di RPTRA atau pasar. Dengan adanya ini, masyarakat sekitar sini yang sudah punya KJP tidak perlu jauh-jauh dan mudah mendapatkan bahan pangan murah berkualitas," ujar Masawitry.
Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018