Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo membagi kunci sukses untuk memenangkan hati rakyat di ajang pesta demokrasi atau pemilu kepada para calon anggota legislatif dari Partai Perindo.

"Saya menyampaikan tadi kepada caleg DPR RI Perindo intinya penting sekali mereka harus turun dari pintu ke pintu untuk mendapat kepercayaan simpati rakyat," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri acara pembekalan calon anggota DPR RI Partai Perindo Pemilu 2019 di Jakarta Concert Hall INews Center, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta, Senin.

Selama ini, Jokowi populer dengan caranya mendekati rakyat melalui kebiasaannya untuk blusukan.

Menurut dia, hal itulah yang menjadi salah satu caranya memenangkan hati rakyat sehingga pada 2004 namanya yang semula sama sekali tidak dikenal justru kemudian terpilih sebagai Walikota Solo.

Ia mengatakan, pengalamannya sebagai pengusaha yang menerapkan marketing produk mengajarinya banyak hal.

Jokowi berpendapat marketing politik tak ubahnya dengan marketing produk yang harus mencakup diferensiasi, branding, dan membangun kepercayaan.

"Iya mirip mirip, bangun kepercayaan, simpati rakyat ya memang yang saya praktikkan seperti itu," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Partai Perindo Hari Tanoesudibjo mengatakan Presiden Jokowi telah menyampaikan kunci sukses agar para caleg dikenal, disukai, dan dipilih oleh rakyat.

"Beliau mencontohkan saat perjalanannya menjadi walikota, saya kira itu satu saran yang sangat bagus, beliau langsung praktik bagaimana caranya disukai konstituen di lapangan, ini pembekalan yang sangat berharga," kata Chairman MNC Group itu.

Presiden Jokowi memberikan pembekalan tersebut didampingi sejumlah pejabat di antaranya Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018