Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil (Emil) menegaskan dirinya sahabat dari Bakal Calon Wakil Presiden RI Sandiaga Uno dan akan menunggu kedatangan Sandiaga ke Jawa Barat.

"Untuk Pak Sandiaga Uno, saya tunggu di Bandung dengan senang hati. Beliau sahabat saya dan istrinya juga sahabat istri saya," kata Gubernur Emil di Bandung, Jumat.

Sebelumnya, Ridwan Kamil sempat dimintai komentarnya terkait dengan pernyataan Sandiaga Uno yang menyatakan kepala daerah seharusnya fokus dalam menjalankan tugasnya membangun daerahnya, bukan ikut-ikutan dalam pemenangan salah satu pasangan di Pilpres 2019.

"Pak Sandiaga Uno yang terhormat, tolong sebelum memberikan pernyataan, berkaca pada pengalaman pribadi dahulu. Pada tahun 2018, Pak Sandiaga Uno datang ke Jateng jadi jurkam Sudirman Said. Datang masuk ke Priangan jadi jurkam pasangan Asyik (Sudrajat/Syaikhu)," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Rabu (12/9).

Gubernur Emil mengatakan bahwa tidak banyak publik yang mengetahui bahwa dirinya dan Sandiaga Uno adalah sahabat. Mereka pernah beberapa kali bertemu langsung, terutama saat Sandiaga mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Jadi, saya ini adalah sahabat Pak Sandi Uno. Orang banyak yang tidak tahu. Saya membantu beliau saat mau jadi Wagub DKI Jakarta, saya beri nasihat dua sampai tiga kali. Istrinya juga main ke Pendopo," katanya.

Ia menuturkan bahwa dirinya pernah memberikan sejumlah saran kepada Sandiaga untuk bisa memenangi Pilgub DKI Jakarta.

"Saya bilang, Kang, kalau mau menang, gini gini gini. Saya kasih tips-tips ke beliau. Itu bagaimana saya menghormati beliau," katanya.

Ia melanjutkan, "Hanya poinnya `kan kita latih masyarakat ini dengan sebuah situasi yang sesuai aturan. Kalau enggak sesuai dengan aturan jangan dilakukan, kalau sesuai jangan dilarang, karena itu sebuah hak," lanjut Gubernur Emil.

Baca juga: Sandiaga Uno upayakan bertemu Ridwan Kamil

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018