Selain itu, kami juga mengembangkan digital brands dengan bekerja sama Pemerintah Daerah untuk memanfaatkan Taspen Keliling dan kantor sementara
Jakarta (Antara News) - PT Taspen (Persero) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2018 di Balikpapan, guna membahas sejumlah upaya perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan peserta pensiunan.

Rakernas digelar dengan tema  "Sutainabilitas pengembangan bisnis untuk peningkatan kesejahteraan peserta yang didukung teknologi informasi dan human capital yang profesional".

"Tahun ini kami menekankan pada peningkatan kesejahteraan peserta, sehingga aparatur sipil negara (ASN) bisa memperoleh manfaat pensiun yang lebih baik dari tahun sebelumnya," kata Direktur Utama PT Taspen (Persero) Iqbal Latanro dalam sambutan pembukaan Rakernas 2018 di Balikpapan, Jumat.

Iqbal memaparkan sektor teknologi informasi memiliki peran penting bagi pengembangan bisnis Taspen. Salah satu dari serangkaian inovasi dan terobosan yang digagas Taspen, yakni Transformasi Digitalisasi dengan Taspen Smart Card. 

Transformasi digitalisasi ini dimaksudkan sebagai otentikasi demi pembuktian yang lebih valid terhadap penerima pensiun dengan memanfaatkan metode biometrik berupa sidik jari, pemindaian wajah (face recognition) dan pemindaian suara (voice recognition). 

Manfaat yang didapatkan dari program ini salah satunya adalah memberikan kemudahan proses verifikasi kebenaran penerima pensiun (otentikasi) melalui smartphone; serta kemudahan, keamanan dan kenyamanan pada saat pengambilan uang pensiun. 

Di masa yang akan datang, Taspen Smart Card dapat digunakan sebagai kartu loyalty program karena juga difungsikan sebagai alat pembayaran dan kartu diskon untuk berbagai merchant.

"Selain itu, kami juga mengembangkan digital brands dengan bekerja sama Pemerintah Daerah untuk memanfaatkan Taspen Keliling dan kantor sementara," kata Iqbal.

Dengan inovasi tersebut, PT Taspen berkomitmen tinggi untuk memberikan pelayanan dan meningkatkan jumlah peserta yang saat ini berjumlah 6,7 juta orang yang terdiri dari 4,1 juta orang peserta aktif  dan 2,6 juta orang pensiunan yang tersebar di seluruh tanah air. 

Saat ini Taspen telah memiliki 57 Kantor Cabang dan 15.146  titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, bekerja sama dengan 45 Perbankan dan PT Pos Indonesia.

Ada pun dalam Rakernas 2018 yang diikuti 228 peserta ini, membahas sejumah isu strategis yang meliputi lima aspek, yakni kepemimpinan, efektivitas produk dan porses, fokus keuangan dan pasar, fokus pada pelanggan dan tenaga kerja.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2018