Jakarta (ANTARA News) - ABB, perusahaan teknologi dunia, berkomitmen untuk mendukung PT PLN (Persero) dalam penyediaan pasokan listrik yang andal untuk Asian Games 2018.

Dalam keterangan pers yang diterima, di Jakarta, Minggu, solusi yang diberikan ABB telah dirancang khusus untuk gardu-gardu induk PLN yang mengalirkan listrik ke area di sekitar fasilitas utama Asian Games tersebut.

ABB menilai solusi tersebut dapat membantu memperkuat kestabilan pasokan listrik di Palembang, kota dengan jumlah penduduk lebih dari 1 juta jiwa, terbesar kedua di Pulau Sumatera.

Pasokan lisrik yang andal ini diperlukan di beberapa area termasuk bandar udara dan berbagai fasilitas utama Asian Games seperti Stadion Jakabaring Sriwijaya dan Jakabaring Sports City.

Dalam proyek ini, produk ABB meliputi "switchgear" insulasi gas dan udara, peralatan proteksi, dan sistem telekomunikasi.

Solusi otomasi gardu induk ABB, termasuk ABB "AbilityTM MicroSCADA", akan membantu mengendalikan dan memantau gardu-gardu induk termasuk sistem proteksi serta memastikan integrasi menyeluruh antar perangkat sistem.

Solusi ABB untuk komunikasi vital jaringan juga akan membantu menghubungkan gardu-gardu induk di wilayah Palembang.

Tak hanya menawarkan dukungan melalui solusi otomasi gardu induk, ABB juga akan menyediakan beberapa tenaga ahli yang siap setiap saat dapat membantu PLN selama berlangsungnya Asian Games.

"Kami senang dapat mendukung PLN dalam menyediakan pasokan listrik yang andal untuk Asian Games ke-18. ABB telah bekerja sama dengan Indonesia selama puluhan tahun dalam pengembangan infrastruktur ketenagalistrikan dan akan terus berkomitmen dalam mendukung Indonesia melalui teknologi terdepan yang dapat mendukung perkembangan ekonomi di Indonesia," ujar Presiden Divisi Power Grids di ABB Claudio Facchin.

Beberapa waktu lalu, ABB membantu PLN dalam penyediaan "switchgear" insulasi gas untuk beberapa gardu induk di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi.

ABB pun berencana untuk terus memperkuat kehadirannya dengan menambah jaringan switchgear insulasi gas di Indonesia.
 

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018