Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional hoki putra Indonesia harus menelan pil pahit setelah dicukur India dengan skor telak 0-17 pada laga perdana penyisihan Grup A di Lapangan Hoki, Kompleks Gelora Bung Karno, Senin malam (20/8).

Kekalahan ini membuat Indonesia bercokol di peringkat terakhir klasemen sementara Grup A, sementara India memuncaki Klasemen Grup A diikuti Jepang dan Korea Selatan.

Perbedaan kualitas teknik, postur tubuh, stamina, kecepatan pemain Indonesia dengan India sangat mencolok.

Hal itu dibuktikan bahwa sepanjang kuarter pertama hingga keempat, India mendominasi jalannya pertandingan.

Tim hoki putra India memang menjadi unggulan di perhelatan pesta olahraga terbesar di Asia ini.

Berdasarkan peringkat dari Federasi Hoki Internasional (FIH), India berada di peringkat lima besar dunia. Sementara Indonesia belum mempunyai peringkat di organisasi Hoki internasional tersebut.

Pelatih Indonesia Gusmana Ahriandi mengatakan India lebih mendominasi jalannya pertandingan karena Indonesia kalah kualitas dari India dari segi teknik, kecepatan, stamina maupun postur tubuh.

"Tim India adalah tim unggulan di Asian Games. Di Asian Games sebelumnya, India juara satu," kata dia.

Disamping itu, pengalaman tim Indonesia masih jauh dibandingkan India dari segi jam terbang.

"Kita memang sudah memprediksi bahwa tim Indonesia akan kalah dari India dengan skor di atas sepuluh. Karena dari segi pengalaman, skill, teknik kita memang jauh tertinggal dari India. Persiapan kita pun juga minim," ujar dia.

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018