Bandung (ANTARA News) - Pelatih Korea Selatan, Kim Hag Bum, mengaku bangga bisa membawa timnya lolos ke babak 16 besar setelah mengalahkan Kyrgizstan 1-0 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin.

"Saya sangat bangga dengan tim ini dan tentunya ini pertandingan sangat melelahkan," ujar Kim seusai pertandingan.

Kim mengatakan, Kyrgizstan menampilkan permainan bertahan sepanjang laga, hal itu membuat para pemainnya kesulitan dalam menembus pertahanan lawan.

Meski begitu, ia bersyukur gol semata wayang Son Heung-Min mampu membawa Korea berhasil memenangkan pertandingan dan berhak melaju ke babak 16 besar Asian Games cabang sepak bola.

"Saya sangat berterima kasih kepada seluruh rekan saya karena ini pertandingan yang sangat sulit dan kita bisa menang. Dan sekarang kita bisa mempersiapkan untuk pertandingan selanjutnya," kata dia.

Ia menjelaskan, saat melawan tim dengan gaya bertahan diperlukan sebuah improvisasi dalam melakukan penyerangan terutama ketika kesulitan mencetak gol. Hal itu akan menjadi catatannya ketika di babak 16 besar nanti.

"Sangat penting kita bisa mencetak gol tapi terkadang kita juga sulit mencetak gol. Tapi saya kira seluruh pemain bekerja keras untuk mencetak gol," kata dia.

Sementara itu, pelatih Kyrgizstan Igor Kudarenko mengatakan, meski harus menyerah 1-0, ia tetap memuji penampilan anak asuhnya yang bisa mengimbangi serangan-serangan Korea.

"Pertandingan sangat baik. Kita mencoba bermain sesuai permainan kita, tapi lawan sangat kuat dan kita melakukan kesalahan. Dan Korea bisa cetak gol tapi seluruhnya permainan sangat baik," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018