Washington (ANTARA News) - Petenis non-unggulan Maria Sakkari asal Yunani mengulangi penampilan apik sebelumnya saat menundukkan Venus Williams untuk mengalahkan Daniele Collins dan mencapai final WTA pertamanya di Silicon Valley Classic pada Sabtu.

Tertinggal satu set dan menghadapi defisit 1-4 pada set kedua saat melawan Collins, Sakkari melengkapi kebangkitan yang mengejutkan untuk menaklukkan petenis AS itu dengan skor 3-6, 7-5, 6-2 di semifinal.

Petenis 23 tahun itu akan bertemu petenis Romania Mihaela Buzarnescu, yang mencapai final dengan mengalahkan unggulan keempat Elise Mertens dengan skor 4-6, 6-3, 6-1.

Sakkari mampu menyingkirkan Williams pada Jumat meski tertinggal pada kedua set, dan ia kembali menampilkan permainan gemilang untuk mampu bangkit dari ketinggalan.

Ia memenangi empat gim beruntun pada set kedua untuk memberi tekanan terhadap Collins, dan kemudian menyamakan kedudukan melalui pukulan forehand winner.

Collins, yang juga berupaya tampil di final WTA untuk pertama kalinya, tidak pernah mampu bangkit.

Sementara itu, Buzarnescu akan mendapat peluang lain untuk melakukan gebrakan demi mendapatkan gelar tunggal pertama WTA sepanjang kariernya setelah mampu menyingkirkan Mertens.

Pada pertandingan ulangan final Hobart International pada Januari, Buzarnescu bangkit setelah tertinggal satu set untuk melakukan balas dendam dan menyiapkan pertandingan terbesar dalam kariernya.

"Saya begitu senang dan gembira untuk berada di final, final ketiga dalam karier saya," kata Buzarnescu kepada para pewarta.

"Bahkan dapat bermain di semifinal-semifinal lebih banyak turnamen WTA merupakan hasil hebat bagi saya. Saya benar-benar mengincarnya dan menggunakannya untuk tetap kuat dan positif untuk masa yang akan datang."

Melewati pertandingan semifinalnya, Buzarnescu mengahdapi lawan dalam diri Mertens yang hanya dua kali mematahkan serve sepanjang turnamen.

Setelah saling mengalahkan pada set pembukaan, Buzarnescu memenangi empat gim secara beruntun pada set kedua untuk memenangi set kedua untuk mengambil kendali permainan dan tidak pernah melihat ke belakang.

Mertens memanggil pelatihnya pada set terakhir karena cedera pada pergelangan tangan kanan, dan Buzarnescu memenangi enam gim beruntun untuk semakin mendekati kemenangan.

Kemenangan ini membawa Buzarnescu menuju final level Utama untuk pertama kali sepanjang kariernya, dan juga akan membuat posisinya di daftar peringkat naik ketika WTA merilis daftar peringkat yang baru pada Senin.

Baca juga: Serena Williams mundur dari Piala Rogers
Baca juga: Australia menentang perombakan piala davis


(H-RF/B015)

Pewarta: antara
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018