Washington, (Antara/Reuters) - Venus Williams menelan kekalahan 4-6, (2)6-7 dari petenis Yunani Maria Sakkari pada Jumat pada perempat final Silicon Valley Classic.

Williams (38) menggenggam keunggulan 3-0 pada set pembukaan dan memimpin 5-3 pada set kedua namun tidak mampu menaklukkan kegigihan juniornya yang lebih muda 15 tahun itu.

Williams belum pernah melewati putaran ketiga turnamen sejak Maret dan belum menemukan kembali kemampuan terbaiknya yang membantu dirinya mencapai dua final Grand Slam pada 2017.

Petenis peringkat 49 dunia Sakkari melaju mulus pada tiga pertandingan pertamanya tanpa kehilangan satu set pun. Ia memerlukan satu jam 43 menit untuk mengalahkan Williams, dan menyelamatkan dua set point pada set kedua dalam prosesnya.

Sakkari kini akan menghadapi petenis AS Danielle Collins yang menuju semifinal, setelah mantan petenis peringkat satu dunia Victoria Azarenka mengundurkan diri karena cedera ketika tertinggal 0-3 di set kedua setelah memenangi tiebreak set pertama.

Ini akan menjadi semifinal kedua di tahun ini bagi Collins.

Johanna Konta juga tersingkir setelah kalah (4)6-7, 3-6 dari unggulan keempat Elise Mertens di perempat final.

Petenis Britania itu membuka turnamen dengan gebrakan pada Selasa ketika ia mengalahkan juara Grand Slam 23 kali Serena Williams dengan skor 6-1, 6-0, kekalahan terburuk yang pernah diderita petenis legendaris AS itu sepanjang kariernya.

Bagaimanapun, Konta tidak mampu mengulangi sihir itu, ia justru menyia-nyiakan keunggulan 5-2 pada set pembukaan saat melawan petenis Belgia tersebut sebelum kemudian ditundukkan.

Mertens, yang berupaya meraih gelar keempatnya tahun ini, melaju ke semifinal untuk berhadapan dengan unggulan kelima asal Romania Mihaela Buzarnescu.


(Uu.SYS/C/H-RF/C/T004)

Pewarta: Reuters
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2018