Madiun (ANTARA News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak masyarakat setempat memeriahkan perhelatan Asian Games tahun 2018 dengan menggelar lomba pembuatan dan menghias gapura.

"Kegiatan lomba menghias gapura ini merupakan sinergi kerja sama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kemendagri, dan Panitia Asian Games (INASGOC)," ujar Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto dalam kegiatan forum koordinasi kehumasan dan jumpa pers di Wisma Haji Kota Madiun, Kamis (2/8).

Menurut dia, sesuai ketentuan, gapura yang dibuat oleh masyarakat harus mencerminkan tema Asian Games 2018" yang membawa semangat positif dalam mencerminkan `Energy Of Asia`.

"Selain itu, dalam pembuatan gapura, peserta juga wajib menggunakan logo HUT RI 73 tahun," kata Sugeng lebih lanjut.

Mengenai hiasan yang mencerminkan tema Asian Games, peserta dapat mengunduh aset visual Asian Games dari link yang disediakan oleh Panitia Asian Games (INASGOC) pada alamat https://kcloud.kominfo.go.id/s/lombagapuraAG18.

"Kami sudah menyebarluaskan pengumuman ini ke warga Kota Madiun. Surat edaran juga telah diberikan OPD hingga tingkat kelurahan," kata dia.

Harapannya, warga di tiap-tiap kelurahan ikut berpartisipasi. Sehingga peserta tidak hanya dari instansi, namun juga warga tingkat RT, PKK, dan Karang Taruna.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun Subakri mengatakan, peserta dapat mendaftar, mengunggah foto dan video hasil karya gapura serta tampilannya melalui laman www.dukungbersama.id/lombagapura.

"Peserta yang ikut bisa mendaftar langsung di laman www.dukungbersama.id/lombagapura. Bagi yang sudah mendaftar akan diverifikasi oleh pemda/dinas kominfo dan panitia lomba pusat. Mereka yang terdaftar juga akan tertera di laman lomba gapura DukungBersama.id," kata dia.

Adapun, peserta bisa mengirimkan karyanya mulai tanggal 5 sampai 19 Agustus 2018. Sedangkan penjurian karya dimulai dari tanggal 20 sampai 23 Agustus 2018.

Pemenang lomba akan diumumkan pada tanggal 24 Agustus 2018 di laman www.dukungbersama.id/lombagapura.

"Untuk pemenang pertama akan memperoleh hadiah uang tunai Rp25 juta, juara kedua Rp15 juta, juara ketiga Rp10 juta, dan hadiah hiburan Rp3,5 juta untuk 25 tim," katanya menambahkan.

Pihaknya menegaskan, keikutsertaan warga Madiun dalam kegiatan ini merupakan bagian dari dukungan Pemkot Madiun dan warga Kota Madiun terhadap perhelatan Asian Games 2018.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018