Palembang (ANTARA News) - Kereta api dalam kota "Light Rail Transit" Sumatera Selatan dihentikan sementara operasinya selama dua hari, 28-29 Juli 2018, untuk kepentingan evaluasi.

Pejabat Pembuat Komitmen LRT Sumsel, Suranto, di Palembang, Jumat, mengatakan, penghentian sementara operasional itu tak lain untuk penyempurnaan sistem mengingat LRT akan digunakan pada Asian Games XVIII pada 18 Agustus-2 September 2018.

"Setelah sempat dibuka untuk penumpang khusus PNS kini kami harus mengevaluasi lagi. Jadi ditutup dulu selama dua hari, setelahnya boleh digunakan lagi untuk penumpang tapi sifatnya terbatas," kata dia.

LRT Sumsel telah beroperasi selama sepekan terakhir mengangkut penumpang dengan rute dari Bandara SMB II hingga ke Jakabaring.

Dua rangkaian kereta LRT Palembang mulai beroperasi untuk umum secara terbatas pada 23 Juli.

Baca juga: Ini harapan Jokowi di sela-sela peninjauan LRT Sumsel

Saat beroperasi tahap awal, kereta berangkat dari Stasiun DJKA Jakabaring dengan tujuan Bandara SMB II Palembang.

Kereta beroperasi di enam stasiun yang telah selesai yakni stasiun DJKA, Jakabaring, Ampera, Cinde, Bumi Sriwijaya dan SMB II Palembang.

Baca juga: INASGOC pastikan fasilitas Wisma Atlet-LRT Palembang

Hingga 31 Juli, masyarakat dapat memanfaatkan secara cuma-cuma alias gratis.

Setelah itu, enam rangkaian kereta LRT akan beroperasi penuh pada 1 Agustus untuk masyarakat umum, atlet, dan official saat Asian Games 2018. Sedangkan dua rangkaian sisanya akan digunakan sebagai kereta cadangan di Depo Jakabaring.

Baca juga: LRT Sumsel mulai dioperasikan untuk angkut penumpang khusus

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018