Palembang (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mengharapkan kehadiran kereta ringan atau "Light Rail Transit" (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan, bisa turut mendorong terbangunnya budaya disiplin.

Hal itu disampaikan Presiden saat meninjau kesiapatan LRT Sumsel dengan mengendarai moda transportasi tersebut, yang peruntukan awalnya guna kelancaran berlangsungnya Asian Games 2018.

"Ini adalah kereta ringan LRT pertama di Indonesia yang telah kita mulai jalankan pertama memang dalam rangka menyambut Asian Games 2018 tetapi juga dalam jangka panjang kita ingin memberikan pilihan pilihan alternatif kepada masyarakat," kata Presiden usai meninjau uji coba LRT Palembang di Stasiun Jaka Baring Sport City, Palembang pada Jumat.

Presiden menumpang gerbong LRT berwarna putih dengan corak garis biru dan kuning, dari Stasiun Palembang Icon hingga Jaka Baring Sport City
 
Presiden Joko Widodo (rompi merah) saat meninjau kereta ringan Light Rail Transit (LRT) dari Stasiun Palembang Icon menuju Stasiun Jaka Baring Sport City pada Jumat (13/7/2018). (ANTARA/Bayu Prasetyo)


Selama di dalam gerbong, Presiden melihat kondisi desain interior gerbong.

Presiden berharap dengan kehadiran LRT, pembangunan budaya SDM Indonesia meningkat dengan mempelajari sikap disipilin.

"Kita harapkan nanti sekali lagi kita ingin membangun sebuah budaya disiplin, budaya antri, budaya menggunakan transportasi massal, dan ini akan lebih efisien daripada kalau kita menggunakan mobil-mobil pribadi," kata Presiden.

Baca juga: Presiden ajak masyarakat tetap kompak demi keutuhan NKRI

Baca juga: Presiden sebut kemenangan Zohri picu semangat hadapi Asian Games 2018

Baca juga: Di Palembang, Presiden serahkan ribuan sertifikat tanah


Sejumlah pejabat yang mendampingi Presiden dalam acara peninjauan LRT itu antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

Kereta api ringan tersebut sudah diuji coba oleh Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Bank Dunia tawarkan pinjaman untuk bangun LRT di empat kota

Baca juga: Uji dinamis LRT Sumsel sudah sampai bandara

Baca juga: INASGOC pastikan fasilitas Wisma Atlet-LRT Palembang


Untuk tahap awal, LRT Palembang akan digunakan untuk sarana transportasi Asian Games 2018. Usai perhelatan olahraga itu, masyarakat umum dapat memanfaatkannya sebagai moda transportasi.

Jalur LRT terbentang mulai dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II menuju kawasan olahraga Jaka Baring Sport City, Palembang.

Kereta ringan itu pun akan melalui sejumlah kawasan wisata di Palembang antara lain Pasar Cende, Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, serta Sungai Musi yang terkenal.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018