Jakarta (ANTARA News) - Pelaku usaha kecil menengah yang dinilai berprestasi dengan sejumlah kriteria yang ditetapkan akan dianugerahi Smesco Award sebagai apresiasi karena telah mengembangkan kreasi dan inovasi yang tinggi serta mampu menginspirasi dunia usaha.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran (LLP KUKM) Emilia Suhaimi di Jakarta, Selasa, mengatakan pihaknya akan menggelar Smesco Award sebagai ajang tahunan yang tahun ini akan melibatkan ratusan peserta dari kalangan pelaku usaha kecil dan menengah dari berbagai pelosok Tanah Air.

"Insya Allah kami akan menggelar Smesco Award tahun ini pada September," kata Emilia.

Ia mengatakan, Smesco Award merupakan ajang pemberian penghargaan kepada pengusaha yang mampu mengembangkan kreasi dan inovasi yang tinggi, serta mampu menginspirasi dunia usaha.

"Jadi sasaran kami adalah untuk menjadikan ajang ini sebagai Wisuda UKM bukti bahwa mereka telah naik kelas," katanya.

Emilia juga berharap dengan kegiatan Smesco Award, koperasi dan UKM dapat bangkit dan berprestasi sehingga mampu berperan serta dalam menggerakan roda perekonomian nasional.

"Kegiatan ini adalah salah satu pemicu untuk menggerakkan kewirausahaan di Indonesia," kata Emilia.

Peserta kegiatan Smesco Award akan diseleksi secara ketat oleh tim khusus yang ditunjuk langsung oleh Smesco Indonesia.

Kriteria penilaian yaitu dilihat dari segi kreativitas, inspirasi, serta produktivitas.

"Tim yang kami libatkan di sini memiliki kredibilitas di bidangnya sehingga penilaian kami yakin akan dilakukan secara objektif," ujar Emilia.

Tahun lalu Smesco Award digelar di Gedung Smesco Indonesia dan penghargaan itu diberikan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop-UKM), AAGN Puspayoga kepada 21 pengusaha inspiratif.

Penilaian terhadap para pengusaha inspiratif itu dipilih dalam lima kategori, yaitu pengusaha dengan karya inovasi dan kreasi inspiratif, pengusaha dengan karya berbasis kearifan lokal, pengusaha pemula inspiratif, pengusaha wanita inspiratif, serta entrepreneur inspiratif berorientasi ekspor.

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018