Ratusan pengawas pemilu ikuti apel siaga

Ratusan pengawas pemilu ikuti apel siaga

Dokumentasi Petugas pengawas pemilihan umum (Pemilu) meneriakan yel-yel saat mengikuti apel siaga di Sport Center Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/6/2018). (ANTARA/Raisan Al Farisi)

Tanjung, Kalsel (ANTARA News) - Ratusan pengawas Pemilihan Umum di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mengikuti apel siaga yang dilaksanakan Badan Pengawas Pemilu setempat.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tabalong Hirsan, di Tanjung, Senin, menyampaikan apel ini merupakan program Bawaslu dari tingkat pusat hingga kabupaten/kota sebagai bentuk kesiapsiagaan para pengawas pemilu.

"Sebelum pelaksanaan pemungutan suara Bawaslu melaksanakan apel siaga sebagai bentuk kesiapan para pengawas," ujar Hirsan.

Apel siaga yang digelar di Taman Giat Tanjung ini diikuti seluruh panitia pengawas pemilu dari tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa.

Meski diguyur hujan, apel ini tetap digelar dengan pembina upacara Ketua Bawaslu kabupaten sekaligus memberikan arahan.

Pelaksaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabalong pada 27 Juni 2018 tercatat sebanyak 604 pengawas TPS, panwas desa/kelurahan 131 orang, dan panwascam 36 orang tersebar di 12 kecamatan.

"Untuk mempertajam fungsi dan tugas panwaslu kita terus melakukan pemantauan persiapan hingga tingkat desa," kata Hirsan.

Satu Panitia Pengawas Pemilu di Desa Pasar Batu Kecamatan Muara Uya mengatakan menjelang pelaksanaan pemungutan suara pihaknya turut memantau proses distribusi logistik pilkada.

"Kami juga diarahkan untuk memantau proses pendistribusian logistik pemilu hingga ke tingkat PPS dan TPS," ujar Wahyudin.
Pewarta : Herlina Lasmianti
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018