Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan semua korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, baik yang selamat maupun meninggal akan mendapatkan bantuan dari pemerintah.

"Semua korban akan mendapatkan bantuan bagaimana pun kondisinya, tidak perlu ada manifes karena tidak mungkin ada," kata Mensos di sela halal bihalal Kemensos di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan, bantuan berupa santunan cukup berdasarkan rekomendasi dari bupati setempat.

"Bagaimana mungkin ada manifes, kapasitas kapal hanya 60 penumpang tapi diisi 204 orang," jelas dia.

Dia menjelaskan saat meninjau lokasi kejadian di Danau Toba pada Minggu (24/6), bantuan sudah diberikan kepada 12 orang korban selamat sementara enam korban selamat lainnya masih perlu verifikasi data.

Bantuan diberikan sebesar Rp2,5 juta per orang bagi korban yang selamat dan Rp15 juta per korban meninggal yang akan diterima oleh ahli waris korban.

Diharapkan bantuan tersebut dapat segera disalurkan karena butuh satu identifikasi yang menjadi dasar rekomendasi bupati. Selain itu, kapal yang tenggelam tersebut juga sudah ada indikasi ditemukan.

Selain bantuan santunan, Kemensos juga akan memberikan perhatian bagi keluarga korban yang ditinggalkan, apabila berasal dari keluarga kurang mampu maka akan dikoordinasikan untuk mendapatkan bansos melalui program di Kemensos.

Sebelumnya, kapal kayu KM Sinar Bangun mengangkut ratusan penumpang, diperkirakan tenggelam sekitar satu mil dari dermaga Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (18/6) sekitar pukul 17.30 WIB.

Kapal tersebut berangkat dari Dermaga Simanindo, Kabupaten Samosir menuju Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun.

Laporan yang diterima, sebelum tiba di Dermaga Tigaras, tiba-tiba KM Sinar Bangun mengalami oleng akibat pengaruh cuaca buruk berupa angin kencang dan ombak cukup besar.

Kapal tersebut akhirnya tenggelam, sedangkan penumpang panik dan banyak yang melompat ke perairan Danau Toba untuk menyelamatkan diri.

Baca juga: Mensos temui keluarga korban kapal tenggelam KM Sinar Bangun

Baca juga: Polda Sumut tetapkan empat tersangka tenggelamnya KM Sinar Bangun

Baca juga: Cerita penyintas musibah KM Sinar Bangun

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018