Jakarta (ANTARA News) - Mantan aktivis 98 Faizal Assegaf menilai Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto merupakan sosok yang paling ideal mendampingi Presiden Joko Widodo sebagai calon Wakil Presiden di Pilpres 2019.
        
"Golkar dan PDIP sangat layak berpasangan, dalam hal ini pak Jokowi dengan pak Airlangga selaku Ketua Umum Golkar," ujar Faizal kepada Antara di Jakarta, Jumat.
       
Ketua Progres 98 itu menyampaikan ada sejumlah pertimbangan yang membuat Airlangga ideal mendampingi Presiden Jokowi.
      
Pertama, jika melihat pertimbangan soliditas partai koalisi pendukung Presiden Jokowi dengan perhitungan peringkat dukungan dalam Pemilu 2014 lalu, maka Golkar sebagai partai peraih suara terbesar kedua di Pemilu 2014 sangat layak berpasangan dengan PDIP sebagai partai peraih suara terbanyak dan juga pengusung utama Presiden Jokowi.
       
Dalam hal ini, menurut Faizal, duet Presiden Jokowi dan Airlangga akan mampu mewakili mitra koalisi partai serta dapat diterima partai pendukung lain yang perolehan suaranya masuk kategori level menengah seperti PKB, Hanura, Nasdem dan lainnya.
       
"Meskipun PKB sudah mengajukan nama Cak Imin tapi ada pesan politik dari Cak Imin bahwa siapapun terpilih sebagai pendamping Jokowi diantara dirinya dan pak Airlangga, maka masing-masing akan mendukung," ujar Faizal.
      
Kedua, dari sisi elektoral, kata dia, Airlangga Hartarto juga akan memberikan suntikan elektoral bagi Presiden Jokowi di Pilpres 2019. Posisi Airlangga sebagai ketua umum partai, memiliki jaringan profesional dan berasal dari wilayah Jawa Timur yang merupakan basis kantung suara besar, dinilai sangat memungkinkan mendongkrak elektabilitas Presiden Jokowi.
       
Faizal juga memandang ada "chemistry" antara Presiden Jokowi dengan Airlangga Hartarto.
       
"Hampir dipastikan pak Airlangga tidak akan menimbulkan kegaduhan beban psikologi politik," ujar dia.
        
Sementara itu Anggota DPR Fraksi Golkar Bobby Rizaldi mengatakan ketua umum partainya Airlangga Hartarto merupakan figur yang memiliki kemampuan dan pengalaman.
       
Menurut Bobby, kalangan internal dan akar rumput Golkar solid mendukung Airlangga untuk maju mendampingi Jokowi.
       

"Kami akan segera membuat keputusan resmi yanh akan diputuskan dalam Rapimnas," jelas Bobby.
        Bobby mengatakan Golkar bertekad untuk memenangi Pilpres 2019 bersama Presiden Jokowi dan diiringi kesuksesan perolehan kursi di DPR RI.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018