Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan, libur Lebaran tahun ini telah berhasil menggerakkan perjalanan bagi 30 juta orang, yang dia katakan sebagai wisatawan nusantara, dengan 20 juta di antaranya adalah pemudik. 

Total 30 juta wisatawan nusantara itu secara umum, alhamdulillah berjalan lancar, dan semua itu kita skenariokan," kata Yahya, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan, untuk mengoptimalkan wisatawan nusantara dalam menikmati wisata Lebaran 2018, Kementerian Pariwisata gencar mempromosikan obyek dan daya tarik wisata di masing-masing daerah. 

Hal itu dilakukan sebagai upaya agar menarik kunjungan wisatawan nusantara serta membantu tujuan wisata nusantara supaya dikunjungi wisatawan.

"Kami pilih 10 destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, juga 10 gelaran wisata serta 10 kuliner daerah terbaik dan kita lombakan. Semua upaya ini mendapat sambutan positif wisatawan," kata Yahya.

Ia mengatakan, selama bulan Ramadhan pergerakan wisatawan nusantara di Tanah Air turun hingga 50 persen.

Pihaknya mencatat, rata-rata pergerakan wisatawan nusantara perbulan mencapai 20 juta namun pada Ramadhan jumlahnya turun menjadi hanya 10 juta.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018