Ini membuktikan kapasitas Fadlan yang mengalami perkembangan pesat setelah berlatih di Australia dan kesehariannya berlatih di Bali dibawah asuhan Pelatih asal Prancis David Armandoni."
Jakarta (ANTARA News) - Rekor nasional kembali dipecahkan para perenang pemusatan latihan nasional (pelatnas) menjelang bergulirnya Asian Games 2018, yang kali ini dipecahkan oleh Fadlan Prawira di nomor 800 meter gaya bebas putra. 

Berdasarkan pernyataan Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) yang diterima di Jakarta, Fadlan memecahkan rekor nasional tersebut di hari pertama turnamen uji coba bertajuk NEO Garden 14th Singapura National Swimming Championship 2018 di OCBC Aquatic Center, Singapura, Rabu dengan mencatatkan waktu 8 menit 07,50 detik atau mempertajam rekornas lama atas namanya sendiri yakni 8 menit 12,54 detik.

"Ini membuktikan kapasitas Fadlan yang mengalami perkembangan pesat setelah berlatih di Australia dan kesehariannya berlatih di Bali dibawah asuhan Pelatih asal Prancis David Armandoni," kata wakil Ketua Umum PB PRSI, Harlin Rahardjo.

Di nomor 800 meter gaya bebas sendiri, perenang Indonesia lainnya Athalarik Maulidio mencatatkan waktu 8 menit 31,09 detik di posisi enam.

Reza Bayu Prasetyo finish kesembilan dengan catatan waktu 8 menit 36,36 detik. Sementara Agus Nuarta dengan waktu 8 menit 41,69 detik di peringkat 11.

Di nomor gaya bebas 1.500 meter gaya bebas putri, perenang Indonesia Ressa Kania Dewi mencatatkan waktu 17 menit 26,99 detik menempati peringkat dua. Perenang Australia Sophie Caldwell di peringkat pertama dengan catatan 16 menit 51,69 detik.

Di hari kedua (Kamis 21/06), beberapa perenang yang akan tampil diantaranya pada nomor 200 meter gaya bebas putri Patricia Yosita, Sagita Putri, Adinda Larasati Dewi, Ressa Kania Dewi dan Prada Hanan.

Di nomor 200 meter gaya bebas putra Agus Nuarta, Putra M.Randa, Fadlan Prawira, Alexander Damanik.

200 meter gaya punggung putra, Farrel Armandio Tangkas.

Pada nomor 100 meter gaya kupu-kupu putri A.A. Istri Kania Ratih.

Lalu, di nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra ada Alexander Damanik, Reza Bayu, Muhammad Fauzan Martzah Azel Zelmi, Fadlan Prawira, Danandra Damario.
Perenang Pande Made Iron Digjaya turun di nomor 100 meter gaya dada putra.

NEO Garden 14th Singapura National Swimming Championship 2018 sendiri akan bergulir pada 20-23 Juni 2018. Selain Indonesia, beberapa negara peserta adalah Korea Selatan, Jepang, Thailand, Malaysia, India, tuan rumah Singapura, serta tim Victoria Swimming Australia. ***4***

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018