Secara keseluruhan lalu lintas di jembatan layang Kelok Sembilan selama hari ini masih lancar, tanpa kemacetan."
Sarilamak (ANTARA News) - Arus lalu lintas di Jembatan Layang Kelok Sembilan, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), yang menjadi jalur utama menghubungkan Sumbar dengan Riau masih lancar pada dua hari menjelang (H-2) Lebaran 2018.

"Volume kendaraan yang melewati jembatan layang Kelok Sembilan pada Rabu meningkat dibandingkan Selasa, namun masih lancar," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Polres) Limapuluh Kota AKP Dwi Yulianto, di Sarilamak, Rabu malam.

Berdasarkan penghitungan kendaraan yang dilakukan polisi, ia mengemukakan, ada peningkatan volume terjadi pada siang hari. Dari penghitungan pada pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB rata-rata kendaraan yang melintas dalam satu jam sebanyak 768 unit kendaraan.

Ia mengemukakan, di lintasan itu ada 318 unit kendaraan roda dua dan 450 unit kendaraan roda empat.

Pada penghitungan sore hari dari pukul 17.00 WIB hingga 18.00 WIB, dinilainya, diketahui kendaraan yang melintas sebanyak 621 unit, yakni 246 kendaraan roda dua dan 375 kendaraan roda empat.

"Secara keseluruhan lalu lintas di jembatan layang Kelok Sembilan selama hari ini masih lancar, tanpa kemacetan," katanya.

Sampai saat ini pihak kepolisian masih disiagakan di pos pengananan terpadu Kelok Sembilan untuk mengatur dan mengawasi arus mudik.

Polisi memperkirakan keramaian akan terjadi kembali pada Kamis dinihari .

Ia pun tetap mengimbau agar pengendara mengutamakan kesalamatan ketika berkendara, dan menaati aturan dan rambu-rambu lalu lintas yang terpasang di jalan layang.

Polres Limapuluh Kota melibatkan sebanyak 265 personel untuk pengamanan arus mudik, arus balik dan tempat wisata, demikian AKP Dwi Yulianto.

Baca juga: Sumbar akan kembangkan potensi wisata Kelok Sembilan

Baca juga: Jembatan Kelok Sembilan objek wisata mudik Lebaran

Pewarta: Syahrul Rahmat
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018