Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi secara khusus menemui Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Ma’ruf Amin di Jakarta, Jumat untuk meminta dukungan dan doa terkait dengan pelaksanaan Asian Games dan Paragames 2018.

 "Saya ingin MUI membantu kita membuat surat edaran kepada ulama-ulama di Indonesia untuk ikut menyisipkan doa bagi kesuksesan Indonesia di Asian Games dan Asian Paragames 2018, pada saat khotbah Idul Fitri, sholat Jumat, dan ceramah-ceramah keagamaan lainya," kata menpora dalam keterangan resminya.

Menurut dia, doa dan dukungan ini harapkan bisa membuat kedua kejuaraan tersebut berlangsung sukses, terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan, serta memungkinkan kontingen Indonesia berprestasi tinggi dan bermanfaat bagi seluruh bangsa Indonesia.

Asian Games 2018 Jakarta-Palembang bakal berlangsung 18 Agustus hingga 2 September. Selain di dua kota tersebut, provinsi Banten dan Jawa Barat juga mendapatkan jatah tuan rumah beberapa cabang olahraga. Sedangkan Asian Paragames berlangsung di Jakarta, 6-13 Oktober mendatang.

Ada empat target yang dicanangkan pemerintah yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi dan sukses pemberdayaan ekonomi. Dari sisi prestasi, pemerintah sendiri telah mencanangkan target untuk masuk dalam urutan 10 besar dan menjadikan Asian Games dan Asian Paragames 2018 sebagai momentum kebangkitan kembali kejayaan Indonesia di dunia olahraga.

Sementara itu Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin menyambut baik keinginan pemerintah dan akan menindaklanjuti dengan membuat surat edaran yang menghimbau ulama-ulama untuk ikut menyisipkan doa dalam setiap ceramah keagamaan yang dilakukan untuk kesuksesan Indonesia dalam Asian Games maupun Asian Paragames 2018.

"Kami sangat setuju dengan ide ini, dan akan segera membuat surat edarannya. Saya ingin kejuaraan ini bisa menjadi alat pemersatu segala perbedaan diantara kita dan menjadi pemersatu bangsa-bangsa di Asia,’' katanya.

Selain meminta dukungan ke MUI, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kepada seluruh lembaga yang menaungi para pemuka agama seperti  Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Perwakilan Umat Budha Indonesia (WALUBI) dan Parisada Hindu Dharma Indonesia  (PHDI), serta lembaga keagamaan lain di Indonesia.

Terkait dengan persiapan, saat ini sedang berjalan. Stadion Utama Gelora Bung Karno yang akan digunakan untuk pembukaan Asian Games 2018 juga sudah mulai bersolek. Begitu juga dengan persiapan atlet. Saat ini masing-masing cabang olahraga sedang bersiap menetapkan atlet mengingat entry by name paling lambat 30 Juni.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018