Jakarta (ANTARA News) - Kemarin hari Raya Waisak di peringati di berbagai daerah, dan Presiden Joko Widodo berharap umat Buddha menjadikan Waisak sebagai momentum untuk menyucikan dan membersihkan hati.

Selain itu ada berita mengenai Kepala Polri yang mengajak mahasiswa bermitra, dan respons pemerintah mengenai candaan soal bom dalam ringkasan berita berikut:

1. Polri ingin bermitra dengan mahasiswa
Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian mengajak para mahasiswa menjadi mitra aparat penegak hukum untuk menjaga keamanan dan ketertiban. "Polri merasa bahwa mahasiswa menjadi mitra yang penting dalam membantu Polri dalam menjaga situasi kamtibmas, percuma kita memiliki letak geografis yang baik, tetapi negara kita tidak aman. Oleh karena itu, kita harus menjaga keamanan ini," katanya.

2. Acara buka puasa bersama dalam rangkaian peringatak Waisak
Kemarin umat Budda di Tanah Air memperingati Waisak 2562/2018. Sekitar seribu orang menghadiri peringatan Waisak di Vihara Buddhasena, Bogor, Selasa malam, yang mengangkat tema Harmoni dalam Kebhinnekaan untuk Bangsa.

Sementara di Vihara Sasana Dipa, Kota Makassar, acara peringatan dirangkai dengan buka puasa bersama para pemuka agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Selatan.

"Kami bersyukur perayaan Waisak tahun ini bersamaan dengan bulan suci Ramadhan. Tentunya ini momen sangat langka dan jarang sekali bertepatan, makanya kita manfaatkan momen ini untuk menjaga toleransi beragama," kata Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Sulawesi Selatan Yongris Lao.

3. Menhub peringatkan warga mengenai candaan soal bom
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan seluruh warga agar jangan bercanda tentang bom, terlebih di dalam pesawat terbang ataupun bandar udara, karena bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang lain.

"Saya peringatkan kepada yang lain, jangan coba-coba melakukan itu. Kita bersama-sama dengan Polri akan melakukan penindakan terhadap yang melakukan candaan bom," katanya saat mengunjungi PT Industri Kereta Api Indonesia (Persero) Kota Madiun, Jawa Timur.

4. Pemeringah kerahkan penyidik telusuri informasi palsu soal bom
Kementerian Perhubungan telah menerjunkan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) untuk bekerja sama dengan aparat kepolisian menyelidiki informasi palsu soal bom yang disampaikan seorang penumpang pesawat Lion Air JT687 rute Pontianak-Jkaarta pada Senin (28/5).

"Kami telah menerjunkan personil PPNS untuk menyelidiki kasus informasi palsu soal bom oleh salah satu penumpang Lion Air JT 687 rute Pontianak-Jakarta. Nantinya dari hasil penyelidikan tersebut kita akan dapat menentukan sanksi hukum yang sesuai bagi penyebar informasi palsu," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Baitul Ihwan.

5. Densus 88 geledah satu rumah di Tasikmalaya
Anggota Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Polri menggeledah rumah warga yang diduga terkait jaringan terorisme di Perumahan Rancageneng, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Menurut Ketua Rukun Warga setempat, Abdul Hamid, polisi antara lain mengamankan dokumen, buku, laptop, KTP, senapan angin, busur panah, dan senjata tajam dari rumah tersebuut.
 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018