Yogyakarta (ANTARA News) - Jumlah sapi yang dipotong di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Giwangan Yogyakarta mengalami penurunan yang cukup signifikan sejak awal tahun, dibandingkan tahun lalu.

"Rata-rata jumlah sapi yang dipotong tahun ini hanya sembilan hingga 10 ekor per hari. Sedangkan tahun lalu bisa mencapai 17 hingga 18 ekor per hari," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, penurunan jumlah sapi yang dipotong di RPH Giwangan Yogyakarta tersebut dipengaruhi aturan dari pemerintah pusat yang melarang pemotongan sapi betina produktif.

Dengan demikian, lanjut Sugeng, hanya sapi jantan yang diperbolehkan dipotong di RPH Giwangan sehingga terjadi penurunan jumlah sapi yang dipotong.

Jika sapi betina sudah berusia lebih dari delapan tahun atau mengalami cacat fisik meskipun belum berusia delapan tahun, masih diperbolehkan untuk dipotong.

Sebelumnya, RPH Giwangan cukup banyak menerima pemotongan sapi betina karena harga sapi tersebut lebih murah dibanding sapi jantan.

Penurunan jumlah sapi yang dipotong di RPH Giwangan tersebut berpengaruh pada jumlah karkas yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan daging yang akan dijual di pasar di Kota Yogyakarta.

Satu sapi jantan yang berbobot 500 kilogram rata-rata akan menghasilkan karkas 250 kilogram sehingga total karkas yang dihasilkan berkisar antara dua hingga tiga ton per hari.

Jumlah tersebut belum mampu memenuhi kebutuhan daging di Kota Yogyakarta yang mencapai lima hingga enam ton per hari.

Meskipun demikian, Sugeng mengatakan, Kota Yogyakarta tidak mengalami kekurangan pasokan daging sapi karena ada tambahan pasokan dari daerah lain seperti Kabupaten Sleman, Bantul, Boyolali, maupun Magelang.

Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional hingga memasuki pekan kedua Ramadhan juga tetap stabil yaitu di kisaran Rp120.000 per kilogram untuk daging sapi kualitas terbaik.

Peningkatan kebutuhan daging di Kota Yogyakarta menjelang Lebaran diperkirakan terjadi pada H-2 atau H-1.

"Jumlah sapi yang akan dipotong di RPH biasanya langsung menyesuaikan. Bisa mencapai sekitar 14 ekor," katanya.
 

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018