Perusahaan Malaysia dukung Asian Games tanpa asap

Perusahaan Malaysia dukung Asian Games tanpa asap

Foto udara komplek olahraga Kota Olahraga Jakabaring, di Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (12/4/2018). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Pekanbaru, Riau (ANTARA News) - Perusahaan kelapa sawit asal Malaysia, Minamas Plantation, menyatakan mendukung penyelenggaraan Asian Games XVIII/2018 dengan mencegah tkebakaran lahan dan hutan di Pulau Sumatera agar pesta olah raga itu bisa berlangsung lancar tanpa gangguan bencana asap.

"Kami tetap komitmen tinggi untuk mendukungnya (Asian Games), bahkan pemadam kebakaran kami selalu dipercaya oleh polisi dan TNI," kata CEO Region Minamas Plantation, Azmi Jafar, di Pekanbaru, Jumat.

Minamas anak perusahaan Sime Darby Plantation asal Malaysia, yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. Minamas Plantation didirikan pada April 2001 dan beroperasi di delapan provinsi dengan total luasan areal konsesi 268.261 Hektare.

Luas area perkebunan di Sumatera mencapai sekitar 88.000 Ha, di Provinsi Aceh, Riau, Jambi, dan Sumatera Selatan.

Ia menjelaskan, Minamas Plantation bersama anak usahanya sejak 1985 telah melaksanakan komitmen melakukan praktek perkebunan yang ramah lingkungan dengan menerapkan Kebijakan Zero Burning.

Melalui komitmen itu, mereka menempuh upaya-upaya menanggulangi kebakaran melalui pembangunan 72 menara api yang tersebar di beberapa lokasi diseluruh unit usaha di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi, dengan rata-rata ketinggian menara api mencapai 15 meter.

Juga memasang Fire Index papan pengumuman di sekitar operasi untuk memastikan bahwa semua karyawan selalu waspada terhadap risiko untuk terjadinya kebakaran.
Pewarta : Febrianto Anggoro
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018