Jakarta (ANTARA News) - Kemarin Gunung Merapi meletus lagi, Polri mengungkapkan penangkapan 74 teroris, dan Presiden Joko Widodo berbicara mengenai perang melawan terorisme.

Selain itu ada warta mengenai film terbaru Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman bersama aktor kenamaan Keanu Reeves, dan tujuan utama pemudik tahun ini dalam ringkasan berita berikut:

1. Presiden minta penegak hukum perangi terorisme dengan cara luar biasa
Presiden Joko Widodo meminta agar kejahatan terorisme diperangi dengan cara-cara yang luar biasa, menggunakan pendekatan keras dan lunak. Ia mengatakan sebelumnya aparat penegakan hukum sudah tegas, keras dan tanpa kompromi dalam memburu dan membongkar jaringan teroris sampai ke akarnya, namun itu saja belum cukup.

"Terorisme adalah kejahatan yang luar biasa, maka juga dihadapi, dilawan, diperangi dengan cara-cara luar biasa. Selama ini fokus perhatian kita lebih banyak pada pendekatan hard power dengan lebih mengedepankan penggunaan tindakan," kata Presiden dalam rapat terbatas pencegahan dan penanggulangan terorisme di Kantor Presiden, Jakarta.

2. Polisi sudah tangkap 74 terduga teroris
Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian mengungkapkan 74 terduga teroris berhasil ditangkap polisi pasca-serangan bom di beberapa wilayah Indonesia, termasuk di Jawa Timur (31 orang), Jawa Barat (8 orang), Banten (16 orang), Sumatera bagian Selatan (8 orang), Riau (9 orang) dan Sumatera Bagian Utara (6 orang). Di antara 74 terduga teroris yang ditangkap selama 13-21 Mei, ada 14 orang di antaranya meninggal dunia karena melawan petugas.

3. Gunung Merapi kembali erupsi freatik
Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta menyebutkan pascakenaikan status aktivitas Gunung Merapi menjadi waspada pada Senin (21/5) telah terjadi erupsi freatik pada Selasa dini hari sekitar pukul 01.47 WIB.

4. Yayan Ruhian dan Cecep Arif main bareng Keanu Reeves
Aktor laga kenamaan Indonesia, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman, akan bermain film "John Wick: Chapter 3" yang dibintangi oleh Keanu Reeves. Dua aktor yang namanya dikenal sejak "The Raid" itu akan menjadi pembunuh profesional yang harus dihadapi oleh Wick.

5. Pulau Jawa masih jadi tujuan utama mudik
Biro perjalanan daring Tiket.com menyatakan Pulau Jawa masih menjadi tujuan utama para pemudik saat libur hari raya Idul Fitri tahun ini. "Mudik mayoritas masih di Jawa. Pertama Surabaya, lalu Yogyakarta," kata Chief Marketing Officer Gaery Undarsa, saat berbincang-bincang dengan media di Jakarta, Selasa.
 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018