Amsterdam akan naikkan pajak wisata untuk bendung wisatawan

Amsterdam akan naikkan pajak wisata untuk bendung wisatawan

Ilustrasi - Kota Amsterdam (REUTERS/Koen van Weel)

Den Haag (ANTARA News) – Amsterdam berupaya membatasi kedatangan wisatawan yang membanjiri kota itu, dan dewan mendatangnya tengah mengusulkan serangkaian langkah keras serta rencana untuk menaikkan pajak wisata.

Sekitar 18 juta wisatawan mengunjungi Amsterdam setiap tahun – lebih dari jumlah total penduduk Belanda – dan warga setempat menjadi semakin muak dengan kedatangan mereka.

Di bawah rencana “untuk mencari keseimbangan baru” yang diajukan oleh empat pihak yang membentuk dewan koalisi mendatang kota itu, sejumlah aktivitas terkenal seperti wisata sepeda dan perahu akan dibatasi secara tajam.

“Pariwisata adalah bagian dari budara internasional Amsterdam, yang harus terus kita hargai,” menurut rencana tersebut, salinan yang diperoleh AFP pada Kamis.

Namun, karena “gangguan, kerumunan dan sampah, beberapa lingkungan berada di bawah tekanan ekstrem.”

Mulai 2019, pajak wisata akan dinaikkan menjadi 7,0 persen, sementara kota itu juga akan mencari cara untuk memangkas jumlah ruang hotel.

Di beberapa daerah yang dibanjiri banyak wisatawan, larangan total untuk sewa liburan kemungkinan akan diperkenalkan, dan rencana untuk terminal penumpang baru untuk kapal pesiar besar akan dibatalkan.

“Kami mencari lokasi alternatif di luar Amsterdam,” ungkap rencana itu, AFP.(kn)

Baca juga: Amsterdam akan batasi sewa rumah Airbnb untuk bendung wisatawan
Pewarta : Ida Nurcahyani
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018