London (ANTARA News) - Komunitas Diaspora Indonesia di Qatar menampilkan pentas seni budaya "Wonderful Indonesia"memperingati hari ulang tahun ke-6 sangar seni dan tari Puspa Qinarya (PQ) kelompok tari dan budaya Indonesia yang didirikan Siti Alami Betayanti pada tahun 2012 di kota Messiad, sekitar 30 km dari kota Doha.

Minister Counsellor KBRI Qatar, B. Dharmawan kepada Antara London, Senin menyebutkan pentas seni diawali dengan menyanyikan lagu "Indonesia Raya" dan dilanjutkan dengan pertunjukan teatrikal kombinasi akting, nyanyi, dan tari mengisahkan petualang dua sahabat, Layla dan Puspa, yang menikmati keindahan alam yang kaya budaya dan penuh warna-warni.

Perjalanan seni budaya, Layla dan Puspa, dimulai dari daerah Maluku disambut penduduk asli dengan tarian dan nyayian "Dansa, Yok Dansa". Pentas dilanjutkan dengan tarian "Katreji" oleh sekelompok gadis kecil imut.

Pertunjukan dihadiri Dubes Indonesia untuk Qatar, Marsekal Udara (purn) Muhammad Basri Sidehabi dan pejabat diplomatik, ekspatriat asing, orang tua dan anak-anak dilanjutkan dengan tari `Rejang Renteng` dari Pulau Bali. Tarian kontemporer modern `Cinta Indonesia" turut ditampilkan remaja dengan membentuk bunga mekar dilanjutkan tari Bajidor Kahot, Ondel-ondel dan Juwita.

Ketua Asosiasi Perempuan Indonesia di Qatar (Perwiq), Andi Una menyampikan ucapan selamat kepada PQ yang diketuai Margie Aziz. Marqie menyampaikan apresiasinya kepada hadirin serta dukungan terhadap PQ khususnya Dubes Basri, komunitas diaspora Indonesia di Qatar serta anggota PQ.

Menurut Ketua Panitia, Diana Kartikasari Wicaksono, PQ merupakan sekumpulan WNI memiliki dedikasi melestarikan warisan dan budaya Indonesia dipromosikan kepada warga Qatar dan komunitas manca negara. "Sebagai orang Indonesia yang tinggal di luar negeri, ini adalah cara kami berkontribusi bagi negara," ujarnya.

PQ memiliki anggota terdiri dari anak-anak, remaja, dan ibu rumah tangga melibatkan diaspora Indonesia yang bekerja diberbagai sektor seperti perminyakan, gas, perhotelan,telekomunikasi, penerbangan, konstruksi dan lainnya. Anggota PQ juga berasal dari berbagai bangsa namun memiliki semangat untuk belajar dan mempromosikan budaya Indonesia.

Boy Dharmawan mengatakan PQ adalah salah satu dari 51 organisasi kemasyarakan Indonesia di Qatar di bawah naungan Peresatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (PERMIQA) dipimpin Prihandoko Saputro.

PQ aktif mempromosikan budaya Indonesia dan berhasil meraih berbagai penghargaan. ?PQ tampil pada berbagai event di Qatar antara lain Festival ASEAN, Pameran Kopi Internasional, Festival Keragaman Budaya, Final Tournamen Sepak Bola Emir Cup, Turnamen Football Asia, serta acara budaya komunitas manca negara dan perusahaan asing lainnya.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018