Kemdikbud perkenalkan tradisi baru peringati Hardiknas

Kemdikbud perkenalkan tradisi baru peringati Hardiknas

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (ANTARA /Widodo S Jusuf)

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan mulai tahun ini Kemdikbud memperkenalkan tradisi baru dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei.

"Mulai tahun ini, kami memperkenalkan tradisi baru yaitu peringatan Hardikanas dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia selama sepekan penuh," ujar Mendikbud di Jakarta, Minggu.

"Kami juga menyelenggarakan pemutaran film dalam negeri khususnya hasil karya para kawula muda," katanya.

Pemutaran film dilakukan secara serentak di 34 provinsi dengan tujuan memberi penghargaan terhadap karya kreatif anak bangsa.

Film yang dipilih adalah yang bermuatan pesan pesan pendidikan termasuk pendidikan Katakter termasuk yang dipilih.

"Namun jangan dipahami secara hitam putih, bahwa yang diputar adalah film yang bermuatan 100 persen pesan pendidikan. Tidak begitu," jelas Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Untuk tahun depan, Kemdikbud mengharapkan peringatan Hardiknas bisa dilakukan selama satu bulan dengan melibatkan berbagai pihak dalam spektrum yang lebih luas dengan kegiatan yang lebih beragam.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Film Kemdikbud, Maman Wijaya, menambahkan film yang diputar merupakan film yang memiliki nilai-nilai pendidikan karakter.

Terdapat setidaknya lima nilai pendidikan karakter yang termuat dalam film tersebut yakni integritas, cinta Tanah Air, kemandirian, gotong royong, dan religius.

Baca juga: Peringati Hardiknas, Kemdikbud putar film serentak di 34 provinsi
 
Pewarta : Indriani
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2018