Banyuwangi (ANTARA News) - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Pur) Moeldoko memuji tata kelola pemerintahan di Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur, yang berbasis teknologi informasi.

"Kami lihat di sini sudah efektif dan efisien ya pengelolaannya. Masyarakat juga bisa melihat, mengontrol dan memonitor. Inilah model good governance yang bagus, dan harus ditingkatkan. Daerah-daerah harus terus berbenah maju," kata Moeldoko di Banyuwangi, Rabu.

Mantan Panglima TNI itu berkunjung ke Banyuwangi, disambut Bupati Abdullah Azwar Anas dan sempat mengunjungi Mal Pelayanan Publik serta Lounge Pelayanan Publik.

Saat itu Moeldoko menyempatkan diri menjelajahi tata kelola pemerintahan Banyuwangi yang terpampang jelas di layar komputer. Ia melihat sejumlah sistem pemerintahan berbasis teknologi informasi, mulai dari e-village budgeting yang mengatur pengelolaan anggaran desa dan e-monitoring system untuk memantau berbagai program pembangunan.

Di e-monitoring system, Moeldoko mengamati perkembangan sejumlah proyek pembangunan yang dipaparkan lengkap dengan foto dan titik koordinat yang tinggal diklik, sehingga mustahil ada proyek ganda atau fiktif.

Di tempat yang sama, Moeldoko juga mengamati data digital berbasis geospasial yang berisi berbagai inovasi penanggulangan kemiskinan, di antaranya program rantang kasih yang memberikan makanan bergizi bagi lansia dan beasiswa bagi siswa berprestasi kurang mampu.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat itu pun berniat akan menjadikan hal tersebut sebagai bahan kajiannya bersama kepala daerah lain. "Saya ingin jadikan ini sebagai kajian untuk merumuskan cara mengelola sebuah daerah yang mengutamakan efisiensi dan efektivitas," kata dia.

Pada kesempatan itu Moeldoko juga meninjau Mal Pelayanan Publik (MPP) Banyuwangi yang merupakan MPP pertama di Indonesia yang dikelola pemerintah setingkat kabupaten. Di tempat itu dia sempat menyerahkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), KTP elektronik, surat izin kerja perawat, dan akta kelahiran yang telah rampung kepada warga yang sedang mengurus.

"Ini juga mencerminkan pelayanan yang efektif dan efisien. Masyarakat bisa mengurus dokumen cukup di satu tempat. Prosesnya pun cepat dan tidak ribet. Tadi saya sudah tanya ke warga, dan relatif memuaskan,? ujarnya.

Sebelum kembali ke Jakarta, Moeldoko juga menyempatkan diri mengunjungi pendopo kabupaten dan mencicipi kuliner khas Banyuwangi.

Baca juga: Tari gandrung bawah laut meriahkan Underwater Festival Banyuwangi

Baca juga: Moeldoko sampaikan kuliah umum di Seskoad

Pewarta: Masuki M Astro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018